• KANAL BERITA

Mantan PM India Vajpayee Meninggal Dunia

foto: VOA/dok
foto: VOA/dok

DELHI, suaramerdeka.com - Mantan Perdana Menteri India Atal Bihari Vajpayee meninggal dunia hari Kamis (16/8) di New Delhi.

Vajpayee dirawat di All India Institute of Medical Sciences Hospital selama dua bulan lebih karena infeksi ginjal dan sesak dada. Ia berada dalam kondisi kritis dan dikabarkan menggunakan alat penopang hidup beberapa waktu sebelum kematiannya.

Politisi sekaligus penyair ini memerintahkan uji coba senjata nuklir pada tahun 1988 yang memicu kekhawatiran akan perang nuklir dengan negara tetangganya, Pakistan. Akan tetapi Vajpayee kemudian ke Pakistan dengan bus dan memulai proses perdamaian bersejarah dengan negara pesaingnya itu.

Perdana Menteri India Narendra Modi memberi penghormatan kepada Vajpayee melalui Twitter, dengan menulis bahwa kematian Vajpayee itu “menandai berakhirnya sebuah era.”

Vajpayee, seorang nasionalis Hindu dari Partai Bharatiya Janata, menjadi perdana menteri selama 13 hari pada tahun 1996, selama sebelas bulan antara tahun 1998 dan 1999, serta dari tahun 1999 hingga 2004. Ia meninggal dunia dalam usia 93 tahun. 


(VOA/CN34/SM Network)