• KANAL BERITA

Akhir 2018, Target Rampung Timbun Tanah untuk Bangun Tanggul

foto: suaramerdeka.com/Isnawati
foto: suaramerdeka.com/Isnawati

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Pelaksana Teknis Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juana, Agus Priyanto mengatakan, bahwa target penimbunan tanah untuk pembangunan tanggul pengendali banjir dan rob di Kota Pekalongan rampung pada akhir tahun 2018. Sedangkan   
penimbunan tanah untuk pembangunan tanggul pengendali banjir dan rob pada saat ini sudah mencapai 1,2 kilometer dari total panjang tanggul pada trase 4 sepanjang 2,3 kilometer.

Sambil melakukan penimbunan tanah, lanjut dia, pelaksana juga akan mulai memasang tiang pancang. ‘’Targetnya pekan depan pemasangan tiang pancang sudah dapat dilakukan. Seluruh stok material direncanakan sudah sampai di lokasi pembangunan pekan depan. Sedangkan peralatan pemancangan, saat ini sudah siap di lokasi,’’ katanya.

Sebelumnya, akan dilakukan pemasangan Corrugated Concrete Sheet Pile (CCSP) atau tiang pancang untuk tanggul pengendali banjir dan rob di Kelurahan Kandang Panjang. Rencananya, pemasangan tiang pancang akan dilaksanakan pekan depan.

Selain memasang tiang pancang, minggu depan pihaknya juga akan mulai melakukan normalisasi long storage. ‘’Alat sudah siap dan stok material minggu depan datang,’’ tambahnya.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, setelah pemasangan tiang pancang selesai, akan dilanjutkan dengan pengadaan pompa. Menurut Agus, ada dua unit pompa berkapasitas 2 meter kubik per detik yang akan dipasang di sepanjang tanggul pengendali banjir dan rob di wilayah Kota Pekalongan. Idealnya, kata dia, ada empat pompa yang dibutuhkan. Namun untuk sementara akan diadakan dua pompa. ‘’Nanti kalau masih dibutuhkan, akan kami tambah dua lagi,’’ jelasnya.

 


(Isnawati/CN40/SM Network)