• KANAL BERITA

Inovasi untuk Permudah Berkurban, BAZNAS Gandeng OVO

Presdir OVO Adrian Suherman berjabat erat dengan Deputi BAZNAS Arifin Purwakananta, sebagai simbol kerjasama BAZNAS - OVO dalam hal pembelian hewan kurban secara online.  (Foto: suaramerdeka.com/Hartono Harimurti)
Presdir OVO Adrian Suherman berjabat erat dengan Deputi BAZNAS Arifin Purwakananta, sebagai simbol kerjasama BAZNAS - OVO dalam hal pembelian hewan kurban secara online. (Foto: suaramerdeka.com/Hartono Harimurti)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Inovasi terus dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) , untuk masyarakat yang ingin berzakat, infak dan sedekah. Untuk memudahkan masyarakat berkurban pada Idul Adha 1439 H, BAZNAS mempermudahnya melalui bekerjasama dengan platform pembayaran digital, OVO. 

"Dengan melalui OVO ini jelas mempermudah para pekurban dan cara ini, selaras dengan tren gaya hidup digital saat ini. Kurban yang termasuk kategori infak ini, yang dibeli melalui OVO akan disalurkan pada Program BAZNAS, Kurban Berdayakan Desa," kata Deputi BAZNAS, Arifin Purwakananta dalam acara launching kerjasama BAZNAS - OVO untuk Program Kurban Berdayakan Desa, di Kantor BAZNAS, Wisma Sirca, Johar, Jakarta Pusat, Kamis (16/8) siang.

Menurut Arifin, program Kurban Berdayakan Desa bertujuan bukan hanya untuk melayani para pekurban menjalankan ibadah, namun juga melakukan pemberdayaan ekonomi pedesaan, khususnya para peternak.

Dalam program ini, BAZNAS akan membeli hewan kurban dari peternak-peternak di desa yang merupakan kaum mustahik binaan BAZNAS. Lalu menyembelih dan mendistribusikan dagingnya, kepada masyarakat desa yang berhak. 

"Saat ini kami telah siapkan berbagai desa di 24 provinsi yang akan menjadi lokasi Program Kurban Berdayakan Desa. Kurban Berdayakan Desa ini akan memindahkan perputaran uang yang lebih banyak terjadi di kota, menjadi lebih banyak di desa sehingga memiliki dampak ekonomi bagi masyarakat desa,” jelas Arifin.

Dalam acara yang sama, Presdir OVO Adrian Suherman mengaku sangat senang dan mendapat kehormatan dengan bisa bekerjasama dengan BAZNAS, untuk kegiatan sosial, yang dikelola secara profesional sehingga dapat tepat sasaran. Selain itu kerjasama ini juga selaras dengan visi OVO.

“Kami merasa sangat senang dan terhormat bisa bekerjasama dengan BAZNAS. Ini permulaan yang sangat bagus. Kami senang karena kegiatan filantrofi ini bisa tepat sasaran, karena bekerjasama dengan BAZNAS, yang memang telah berpengalaman mengelola secara transparan, dan menyalurkannya dengan tepat sasaran. Kerjasama ini membawa OVO satu langkah lebih dekat dengan visinya yaitu menjadikan OVO tersedia dimana saja dan bagi siapa saja," kata Adrian.

Kerjasama ini juga membantu BAZNAS untuk menjangkau 60 juta basis pengguna OVO yang tersebar di 212 kota di Indonesia. Dan masyarakat akan makin mudah berdonasi, secara aman dan terpercaya dengan dukungan teknologi. 


(Hartono Harimurti/CN41/SM Network)