• KANAL BERITA

GL Zoo Kirim Relawan Untuk Benahi Lombok Elephant Park

Tim GL Zoo sebelum diberangkatkan ke Lombok, mendapat arahan dari Dirut KMT A.Tirtodiprojo. (Foto : suaramerdeka.com/Sugiarto)
Tim GL Zoo sebelum diberangkatkan ke Lombok, mendapat arahan dari Dirut KMT A.Tirtodiprojo. (Foto : suaramerdeka.com/Sugiarto)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Empat karyawan Gembira Loka Zoo (GL Zoo) yang tergabung dalam tim relawan kemarin langsung terjun membenahi Lombok Elephant Park yang rusak berat akibat gempa 7 Skala Richter (SR) yang terjadi 5 Agustus 2918 lalu.

Tim dari kebun binatang terbesar di Jateng dan Yogyakata ini, berangkat Rabu (15/8) dengan penerbangan pagi. Sesampainya di Lombok, mereka langsung bekerja membenahi bangunan maupun kandang gajah yang rusak akibat gempa.

Manager Operasional GL Zoo, Josep Kurniawan, Kamis (16/8)menjelaskan, sebelum dikirm ke Lombok Elephant Park, para karyawan GL Zoo yang akan dikirim ke Lombok, lebih dahulu  mendapat arahan dari Dirut GL Zoo KMT. A. Tirtodiprojo.

Keempat karyawan yang dikirim tahap pertama adalah Wening, Maryono, Miftah dan Jarot. Mereka dari bidang perbengkelan, perawatan satwa,  serta bagian karantina. “Mereka kami kirim ke Lombok Elepant Park untuk membenahi infrastruktur bangunan dan kandang yang rusak di kebun binatang sana,” jelas Josep Kurniawan.

Menurutnya, bangunan yang rusak di Lombok Elephant Park akibat diguncang gempa, adalah kandang gajah, kuda nil, beruang, orangutan dan kandang burung cendrawasih. “Mereka di Lombok butuh tenaga untuk memperbaiki infrastruktur bangunan yang rusak. Kami sesama lembaga konservasi harus saling peduli,” ucap Kabid Perbengkelan GL Zoo, Wening, yang turut ke Lombok Elephant Park.

Rencana, keempat personel itu di Lombok Elephant Park selama seminggu. Dan setelah tim pertama ditarik pulang, digantikan tim kloter kedua berjumlah sama. ''Kami bertugas disini secara bergantian, setelah seminggu kami disini akan disusul tim yang berikutnya,'' katanya.


(Sugiarto/CN19/SM Network)