• KANAL BERITA

Berkurban Makin Mudah Melalui Layanan dari Shopee

Ketua Baznas, Bambang Sudibyo, dan Country Brand Manager Shopee, Rezki Yanuar, berfoto bersama dengan simbol kambing kardus, pada acara kerja sama dua pihak tersebut. (suaramerdeka.com/Hartono Harimurti)
Ketua Baznas, Bambang Sudibyo, dan Country Brand Manager Shopee, Rezki Yanuar, berfoto bersama dengan simbol kambing kardus, pada acara kerja sama dua pihak tersebut. (suaramerdeka.com/Hartono Harimurti)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Inovasi terus dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam melayani masyarakat yang ingin berkurban pada Hari Raya Idul Adha 1439 H ini. Kali ini Baznas bekerja sama dengan situs belanja Shopee, situs belanja terdepan di kawasan Asia Tenggara dan Taiwan.

"Masyarakat yang ingin berkurban melalui Program Baznas 'Kurban Berdayakan Desa', dipermudah dengan adanya layanan dari Shopee. Kami optimistis masyarakat akan menyambut baik layanan ini karena pelanggan Shopee saat ini tersebar di 515 Kabupaten-Kota di Indonesia. Kurban yang ditunaikan melalui program “Shopee Berkurban”," kata Ketua Baznas, Prof Dr Bambang Sudibyo MBA CA, dalam acara launching Kurban Berdayakan Desa dengan kerja sama bersama Shopee, di Kantor Baznas Wisma Sirca, Johar, Jakarta Pusat, Rabu sore (15/8).

Menurut Bambang, program Baznas Kurban Berdayakan Desa tujuannya bukan hanya untuk melayani para pekurban menjalankan ibadah. Namun juga melakukan pemberdayaan ekonomi pedesaan. Khususnya para peternak dari golongan mustahik, yang kini dibina Baznas untuk bisa meningkat menjadi muzaki.

"Melalui Kurban Berdayakan Desa, hewan kurban langsung dibeli dari peternak-peternak binaan kita di desa, jadi, tidak melalui pengepul besar untuk dibawa ke kota. Setelah itu, hewan kurban juga disembelih dan didistribusikan di desa tersebut bagi masyarakat yang membutuhkan. Dengan demikian, para peternak dan masyarakat pedesaan mendapatkan manfaat ekonomi dari pembelian hewan kurban, sekaligus mendapatkan tambahan asupan gizi dari daging yang dibagikan,” jelas Bambang.

Dalam acara tersebut, Country Brand Manager Shopee, Rezki Yanuar mengatakan, bahwa pihaknya mendapatkan kehormatan bisa menjadi bagian dari upaya besar Baznas untuk mengentaskan kemiskinan dan perbaikan asupan gizi melalui ibadah kurban.

"Suatu kebanggaan tersendiri bagi kami di Shopee bisa jadi bagian sebarkan kebaikan ke masyarakat desa. Dengan menjadi bagian pengentasan kemiskinan dan perbaikan asupan gizi yang dilakukan Baznas. Maka kami siapkan program yang pertama kami buat, untuk kemudahan bagi masyarakat melalui Shopee Berkurban. Selain bisa membeli kurban secara online, pengguna dapat membeli kurban sapi secara patungan, bisa dihimpun tujuh orang," jelas Rezki.

Layanan Kurban Berdayakan Desa melalui Shopee akan berlangsung mulai 13 sampai 22 Agustus 2018. Nantinya, masing-masing dari anggota grup beranggotakan tujuh orang tersebut akan mendapatkan sertifikat tanda bukti kurban yang telah disalurkan.


(Hartono Harimurti/CN40/SM Network)