• KANAL BERITA

Tim TF-PDS Fakultas Geografi UGM Diterjunkan ke Lombok

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Dalam rangka tanggap darurat di Lombok, Fakultas Geografi UGM membentuk Tim Task Force - Pendukung Data Spasial (TF-PDS) Fakultas Geografi UGM. Tim Task Force ini didukung oleh PUSPICS dan Departemen Sains Informasi Geografi (Dep. SaIG) yang beranggotakan dosen dan mahasiswa Fakultas Geografi UGM.

"Tujuan dari tim ini adalah menyebarluaskan informasi kebutuhan pengungsi dan tingkat kerusakan bangunan akibat gempa di Lombok," ujar Prof. Dr. rer.nat. Muh. Aris Marfa'i,  M.Sc, Dekan Fakultas Geografi UGM, awal pekan ini.

Saat ini, kata Aris, informasi kebutuhan pengungsi sangat diperlukan untuk penyaluran bantuan kepada pengungsi. Diharapkan penyaluran bantuan akan berjalan lebih efektif dan efisien dengan adanya peta yang menunjukkan kebutuhan di tiap desa. "Informasi kerusakan bangunan dapat dimanfaatkan untuk tahap rekonstruksi. Sementara itu, penentuan prioritas pemulihan dapat dilakukan berdasarkan tingkat kerusakan yang terjadi," katanya.

Untuk web map terkait kedua hal tersebut dapat dilihat pada tautan http://ugm.id/petabencanalombok2018a,  http://ugm.id/PetaBencanaLombok2018, dan http://geoportal.puspics.ugm.ac.id. Sementara dalam melaksanakan tugasnya, Tim TF-PDS bekerja sama dengan berbagai pihak.

"Di antaranya dengan tim relawan DERU UGM untuk mengumpulkan data kebutuhan pengungsi di lapangan, UNITAR-UNOSAT (http://www.unitar.org/unosat/maps/IDN) untuk penyediaan citra Pleiades pasca bencana, dan GDACS Satellite Mapping Coordinate System (SMCS) untuk koordinasi pemetaan kerusakan bangunan (https://gdacs-smcs.unosat.org/events/92), serta DSSDI UGM sebagai penyedia Geoportal," terangnya.

Tim ini juga mewakili UGM berkontribusi dalam pemetaan kerusakan bangunan dari citra satelit pasca bencana gempa bumi di Lombok melalui International Disaster Charter (IDC) pada Activation ID: 580, dengan kontributor lainnya dari LAPAN, AIT, Copernicus, SERTIT, dan UNITAR-UNOSAT (https://disasterscharter.org/web/guest/activations/-/article/earthquake-in-indonesia-activation-580-).


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)