• KANAL BERITA

95 Lulusan SMK Ikuti Sertifikasi Kompetensi

Foto Istimewa
Foto Istimewa

SLEMAN, suaramerdeka.com - Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Yogyakarta untuk pertama kali menggelar fasilitasi sertifikasi nasional berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Kegiatan yang digelar selama empat hari mulai Senin (13/8) sampai Kamis (16/8) di Hotel Sahid Raya Babarsari Yogyakarta ini diikuti oleh 95 peserta lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Peserta tidak hanya berasal dari DIY tapi juga Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan luar Pulau Jawa. Kepala BPSDMP Yogyakarta Zulkarnain menjelaskan, tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan angkatan muda dalam menghadapi persaingan dunia kerja.

"Kegiatan ini merupakan wujud kehadiran negara secara nyata pada sektor ketenagakerjaan, khususnya untuk angkatan kerja muda. Semoga peserta bisa mengembangkan kemampuannya secara maksimal," katanya, Selasa (14/8).

Para peserta kegiatan ini sama sekali tidak dipungut biaya. Mereka justru mendapatkan fasilitasi sertifikasi, akomodasi, dan penginapan secara gratis. Antusiasme para lulusan SMK mengikuti kegiatan ini cukup tinggi. 

Awalnya hanya ditargetkan 75 peserta. Namun melihat besarnya antusiasme masyarakat, kuota ditambah menjadi 95 orang. Zulkarnain berharap melalui kegiatan ini dapat tercipta technopreneur baru yang dapat mengikuti jejak para pendahulunya yang telah sukses di kancah nasional maupun internasional.

Sebelumnya, acara ini dibuka oleh Bupati Sleman Sri Purnomo. Di hadapan para peserta, dia mengingatkan mereka agar mengikuti rangkaian kegiatan tersebut dengan baik karena kepemilikan sertifikasi dalam dunia kerja sangat penting.

"Saat ini merupakan momentum yang tepat untuk menggeluti bidang TIK (teknologi informasi komunikasi) Di era digital seperti sekarang, tidak harus bekerja di instansi tapi bisa menjadi wirausahawan berbasis TIK yang dapat diakses dari mana saja. Contohnya bisnis lewat aplikasi online," tegasnya.


(Amelia Hapsari/CN19/SM Network)