• KANAL BERITA

Warga Kelurahan Kebumen Gelar Aksi Tanam 1.000 Tanaman

TANAMAN CABAI: Warga menunjukkan tanaman cabai saat melakukan aksi penanaman 1.000 tanaman dalam pot. (suaramerdeka.com/Supriyanto)
TANAMAN CABAI: Warga menunjukkan tanaman cabai saat melakukan aksi penanaman 1.000 tanaman dalam pot. (suaramerdeka.com/Supriyanto)

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Program Kelurahan Kebumen Hijau Royo-Royo mendapat dukungan dari seluruh warga kelurahan Kebumen. Salah satunya dilakukan oleh warga RW 04 Kelurahan Kebumen beserta tim Komunitas Hidroponik dan Organik (KHO) di masing-masing RT dan RW melakukan aksi penanaman 1.000 tanaman dalam pot.

Kepala Lingkungan IV Suwito bersama Ketua RW Asnawi Bahtiar dan kelima RT dan PKK RW beserta warga bahu membahu mempersiapkan media tanam dan menanami jenis tanaman buah sayur seperti cabai, terong, pepaya jepang dan juga berbagai tanaman yang lain.

"Selain menjadi hijau juga banyak manfaatnya di sepanjang Gang di lingkungan RW 04 yang meliputi Gang Melati, Gang Tengah, Telasih dan Gang Cempaka" kata Ketua RT 03 RW 04  Muhtar Hanafi di sela-sela acara.

Muhtar Hanafi menambahkan, dari hasil tanaman tersebut nantinya akan dimanfaatkan oleh warga itu sendiri. Untuk itu perawatan tanaman yang tersebar disepanjang gang diharapkan warga yang berketempatan bisa merawat.

"Meskipun begitu kami tetap memantau pertumbuhan tanaman tersebut " terang Muhtar Hanafie.

Manfaatkan Lahan

Dede Suntoro sangat mendukung upaya penanaman 1.000 pohon buah sayur yang dilakukan oleh warga RW 04 Kelurahan Kebumen tersebut. Apalagi saat ini menjelang sebuah hajat besar bagi Kabupaten Kebumen dan bangsa Indonesia pada umumnya. Yaitu memeringati Hari Jadi ke-389 Kebumen, dan peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI.

"Kami mendorong warga untuk memanfaatkan lahan sekecil apapun sehingga bermanfaat bagi masyarakat," ujar Dede Suntoro yang sebelumnya bersama Komunitas Hidroponik dan Organik (KHO) membuat program inovasi di setiap lingkungan RW  agar bisa hijau royo-royo.

Kepala Lingkungan IV Suwito menambahkan, dengan kegotong-royongan warga, saat ini lingkungan RW 04 menjadi sangat semarak. Tidak hanya pada siang saja yang hijau rapi oleh penanaman 1.000 pohon, tetapi pada malam hari juga gemerlap oleh lampu -lampu hias yang banyak terpasang di setiap pintu masuk rumah warga. 

"Semua ini murni swadaya warga lingkungan RW 04," ujar Suwito.


(Supriyanto/CN39/SM Network)