• KANAL BERITA

Suster Sepuh Panti Rapih Bersantai Ke GL Zoo

Para suster sepuh penghuni Biara Santa Anna bersama gajah koleksi GL Zoo. (Foto : suaramerdeka.com/Sugiarto)
Para suster sepuh penghuni Biara Santa Anna bersama gajah koleksi GL Zoo. (Foto : suaramerdeka.com/Sugiarto)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Sekedar menjernihkan pikiran sekaligus rifresing, belasan suster sepuh penghuni Biara Santa Anna di kompleks Rumah Sakit (RS) Panti Rapih, Yogyakarta, kemarin tamasya ke kebun binatang Gembira Loka Zoo (GL Zoo). Para biarawati adiyuswa/usia lanjut dari Kongregasi Carolus Borromeus (CB) itu, selama berkunjung ke  GL Zoo tampak bahagia dan gembira.

Selama berkunjung ke kebun binatang terbesar di Jateng dan DIY, rombongan biarawati dipandu langsung oleh Dirut GL Zoo, KMT A Tirtodiprojo, mereka diajak keliling untuk menyaksikan aneka macam satwa koleksi kebun binatang tersebut. Bahkan di zona reptil dan amphibi, mereka berinteraksi dengan jenis ular berwarna indah, phiton albino. 

Selain itu, mereka juga berinteraksi dengan gajah dan burung-burung cantik di taman burung. ''Suster-suster sepuh ‘kan tidak pernah pergi lagi ke mana-mana, sekali-kali refresing supaya bisa melihat suasana di luar biara,'' kata Suster Luciani CB yang memimpin rombongan Suster-suster sepuh tersebut.

Sebagian suster sepuh terpaksa didorong menggunakan kursi roda, karena sudah tidak lagi kuat berjalan. Sebagian lainnya bisa berjalan dengan disangga tongkat. Namun ada pula yang sudah mendekati usia 80 tahun, tapi kondisi tubuhnya masih prima dan merasa masih muda.

''Saya hampir tidak pernah sakit dan tidak  merasa tua, buktinya saya masih kuat berjalan,'' ucap Suster Caroline CB, yang lama dikaryakan ke Amerika untuk mendampingi belajar para biarawati muda.

Suster Luciani menilai perlunya suster adiyuswa diajak keluar biara untuk refresing. Dengan harapan agar tidak jenuh berada di dalam asrama atau biara, dengan sesekali rifresing bisa menyegarkan pikiran dan hati bahagia. 

''Ada yang  ingin ke Candi Ganjuran Bantul, ada juga yang pilih ke objek wisata Kaliurang. Di biara kami ada sekitar 30 suster sepuh yang sudah tidak bisa lagi keluar biara,'' katanya. ''Makanya sekali-kali mereka kita ajak jalan-jalan,'' imbuhnya.


(Sugiarto/CN19/SM Network)