• KANAL BERITA

KAI Bakal Gunakan Kereta Sleeper 27 Penumpang

Foto Istimewa
Foto Istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal memperkenalkan kereta slepeer, kereta berfasilitas tempat tidur dengan konfigurasi baru pada akhir Tahun 2018.

Menurut Vice Presiden Passenger Marketing PT KAI, Raden Agus Dwinanto, kereta sleeper tersebut tengah dalam pengerjaan PT INKA bersama pesanan kereta penumpang lainnya.

"Diharapkan, kereta sleeper tersebut sudah bisa memperkuat angkutan Natal dan Tahun Baru, totalnya ada 6 unit yang siap dioperasikan, " tandasnya saat dihubungi.

Dijelaskan, kereta tidur yang sedang dipesan itu mempunyai perbedaan dibandingkan dengan kereta sleeper yang sudah digunakan pada Angkutan Lebaran, Juni lalu.

"Kapasitasnya lebih banyak. Kalau kereta sleeper yang sudah kita operasikan cuma 18 tempat duduk, sedangkan yang baru ini kapasitasnya 27 tempat duduk," jelasnya.

Pihaknya menjamin dengan konfigurasi terbaru itu tak akan mengurangi tingkat kenyamanan penumpang. Hal itu, tegasnya, sudah diperhitungkan secara teknis.

"Dengan lay out baru ini, pasti tetap nyaman. Semua tetap bisa tidur dengan nyaman, karena bedanya cuma tak pakai cangkang penutup saja," jelasnya.

Saat ini, operator plat merah itu sudah mengoperasikan 4 buah kereta sleeper berkapasitas 18 seat. Sebagian besar, kereta premium itu digandengkan dengan KA Argo Bromo Anggrek rute Jakarta-Surabaya.

"Tiga dirangkaikan dengan KA Argo Bromo Anggrek, sedangkan satunya lagi kita rencanakan ditarik KA Gajayana, Jakarta-Malang," tandasnya sambil menyebut animo pengguna kereta sleeper sejak dioperasikan menunjukan tren positif.

Untuk jumlah pesanan kereta baru, PT KAI masih menunggu 22 train set hingga Mei 2019. Sebelumnya, BUMN transportasi itu sudah menerima 9 train set. Di antaranya digunakan untuk menunjang Angkutan Lebaran.


(Setiady Dwi/CN19/SM Network)