• KANAL BERITA

Siswa MAN 1 Wonosobo Belajar Demokrasi Melalui Pilketos

Sejumlah siswa memberikan hak suaranya dalam Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS (Pilketos) periode 2018-2019 di halaman MAN 1 Wonosobo, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)
Sejumlah siswa memberikan hak suaranya dalam Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS (Pilketos) periode 2018-2019 di halaman MAN 1 Wonosobo, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Untuk melatih para siswa belajar berdemokrasi, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Wonosobo menggelar Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS (Pilketos) periode 2018-2019 di halaman madrasah setempat, baru-baru ini. "Pilketos kami gelar selain untuk reorganisasi pengurus OSIS juga merupakan sarana untuk belajar demokrasi secara langsung bagi siswa-siswi kami," ujar Kepala Bagian Humas MAN 1 Wonosobo, Ma'ruf.

Menurut dia, Pilketos yang diselenggarakan setiap tahun sekali ini digelar layaknya Pilgub atau Pilkada mau pun Pilpres. Sebelum pemilihan, panitia melakukan penjaringan bakal calon yang diikuti oleh pengurus OSIS yang duduk di kelas XI. "Setelah penjaringan bakal calon, dilakukan penetapan calon Pilketos. Calon yang ditetapkan pun harus melakukan kampanye layaknya seorang calon presiden, gubernur maupun bupati/walikota," tutur dia.

Kampanye dilakukan secara terbuka di hadapan massa dengan melakukan orasi politik terkait visi dan missi yang akan dijalankan jika kelak pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS terpilih.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pilketos MAN 1, Lailatul Azizah menyebutkan, Pilketos kali ini diikuti tiga pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS. Ketiganya adalah Tri Utari dan M Wawan Darmawan (1), Dani Arfiyanto dan M Riza Fathurrahman (2) dan Lufti Maulana dan Maskub (3).

Mereka dipilih sekitar 1.250 pemilih yang terdiri dari siswa-siswi madrasah tersebut, dari Kelas X hingga Kelas XII. Pemilihan dimulai dengan mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk melakukan absensi yang dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Setelah itu pemilih akan mendapatkan kartu suara untuk dicoblos dibilik suara yang sudah disediakan. Usai mencoblos kartu suara lalu dimasukkan dalam kotak suara yang dijaga oleh beberapa petugas PPS.

Sebelum meninggalkan TPS, para pemilih wajib memasukan jarinya ke tinta yang disediakan PPS sebagai bukti mereka telah menggunakan hak pilihnya. Setelah semua siswa menggunakan hak pilihnya tahap terakhir dilakukan perhitungan suara. Dalam perhitungan suara calon nomer urut 1 Tri Utari dan M Wawan Darmawan memperoleh 339 suara, nomer urut 2 Dani Arfiyanto dan M Riza Fathurrahman mendapat 265 suara. Sedang nomer urut 3 yakni Lutfi Maulana dan Maskub meraup 440 suara.

Dengan demikian keluar sebagai pemenang dalam Pilketos MAN 1 adalah pasangan nomer urut 3 Lutfi Maulana dan Maskub yang merebut suara terbanyak. Tim sukses nomer urut 3 pun bersorak-sorai begitu calon dukungnya memenangi pesta demokrasi Pilketos tersebut. Dari jumlah pemilih 1250 yang menggunakan hak pilihnya 1.044 artinya partisipasi pemilih hampir 90 persen lebih. Kartu suara yang rusak sebanyak 58 suara.


(M Abdul Rohman/CN40/SM Network)