• KANAL BERITA

Tim Gabungan Angkatan Laut Amankan Truk Bermuatan Solar Ilegal

Sopir dan dua truk modifikasi pembawa BBM jenis solar ilegal diamankan petugas dari Lanal dan Denpomal Tegal, di Mako Lanal sebelum diserahkan ke Polres Tegal Kota, Minggu (12/8). (suaramerdeka.com/Tresno Setiadi)
Sopir dan dua truk modifikasi pembawa BBM jenis solar ilegal diamankan petugas dari Lanal dan Denpomal Tegal, di Mako Lanal sebelum diserahkan ke Polres Tegal Kota, Minggu (12/8). (suaramerdeka.com/Tresno Setiadi)

TEGAL, suaramerdeka.com - Tim gabungan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tegal bersama Detasemen Polisi Militer Angkatan Laut (Denpomal) mengamankan dua truk modifikasi pengangkut BBM jenis solar ilegal. Tim mengamankan truk tangki, Sabtu (11/8), yakni truk B-9650- BFU berkapasitas muatan solar 16.000 liter, dan truk boks modifikasi B-9814-WG membawa 600 liter.

Kedua sopir MM (50) dan FR (37), diamankan saat tengah melakukan proses pemindahan di Belakang Pasar Beras di Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur masih kawasan pelabuhan Tegal yang masuk wilayah kerja Lanal Tegal.

Komandan Lanal Tegal Letkol Laut, (P) Agus Haryanto, didampingi Komandan Denpomal Kapten Laut, (PM) M Atfal Setianto, saat Press Conference di Mako Lanal di Jalan Proklamasi mengungkapkan, kejadian bermula saat tim patroli memonitoring wilayah pelabuhan dan sekitarnya.

Anggota tim menemukan aktivitas mencurigakan. Yakni dua unit kendaraan truk tangki dan mobil boks freezer sedang melaksanakan kegiatan pemindahan BBM jenis solar dari mobil boks freezer ke dalam truk tangki.

‘’Selanjutnya, tim patroli langsung melaporkan kejadian kepada Pasintel Kapten Laut, (T) Judiwani. Kemudian melaksanakan pemantauan sambil menunggu keputusan Pasintel yang tengah berkoordinasi dengan Danden Pomal,’’ terang Danlanal Agus.

Dalam pemeriksaan, kedua pelaku tidak dapat menunjukkan dokumen yang sah. Kedua unit kendaraan dibawa ke Mako Lanal Tegal untuk diamankan. Selain kendaraan, ikut juga diamankan beberapa dokumen penting.

‘’Satu orang sebagai pengurus sekaligus pemilik mobil boks freezer dengan inisial  FR (37) warga Kota Tegal dan satu orang pengemudi truk tangki dengan inisial MM (50) warga Tangerang yang merupakan karyawan PT SPN yang beralamatkan di Jakarta,’’ terangnya.

Menurut pengakuan sopir, dalam menjalankan aksinya, FR  membeli solar harga subsidi di seluruh SPBU Kota dan Kab Tegal dengan menggunakan mobil boks freezer yang sudah dimodifikasi menjadi tangki penimbun BBM berkapasitas 4.000 liter

Kemudian solar dipindahkan ke dalam truk tangki dan selanjutnya berencana dibawa ke Jakarta untuk dijual kembali dengan harga solar industri atau nonsubsidi.


(Tresno Setiadi/CN40/SM Network)