• KANAL BERITA

Jokowi-Ma'ruf Mewakili Nasionalis-Religius yang Ideal

Foto Istimewa
Foto Istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah K.H Ahmad Darodji memiliki penilaian tersendiri terhadap Joko Widodo-K.H Ma’ruf Amin.

Menurutnya, pasangan Capres-Cawapres yang diusung di Pilpres 2019 ini merupakan pasangan yang mewakili kaum nasionalis dan religius, dan ideal sebagai perwakilan maju di ajang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Sebagai perwakilan nasionalis dan religius, Darodji menilai keduanya sudah berjalan pada koridor yang benar.

Jokowi merupakan nasionalis dan muslim yang baik. Demikian juga Kiai Ma’ruf Amin adalah ulama yang jiwa Indonesianya betul-betul nasionalis tulen.

“Sehingga di sini seharusnya nanti, dikotomi antara ulama dan umara itu harus semakin tipis. Bahkan, kalau bisa itu tidak ada dikotomi lagi. Seorang ulama yang benar ya ulama Indonesia itu adalah negarawan. Seorang yang dikatakan nasionalis itu juga dia orang religius, dan percaya pada Tuhan Yang Maha Esa,” kata Darodji dilansir dari Radio Idola.

Lanjutnya, sebagai seorang ulama yang menjadi panutan, maka dirinya berpesan agar Ma'ruf Amin tidak boleh menyendiri atau mengasingkan diri dan tidak mau tahu tentang Pancasila.

“Dengan terpilihnya Kiai Ma’ruf Amin, dalam tanda petik mewakili ulama. Jadi, hendaknya dikotomi semakin dipertipis. Seorang ulama harus nasionalis yang baik dan orang nasional juga harus religius,” pungkasnya. 


(ER Maya/CN19/SM Network)