• KANAL BERITA

KM. Tilongkabila Angkut Gratis Bantuan Ke Lombok 

Foto suaramerdeka.com/dok
Foto suaramerdeka.com/dok

BALI, suaramerdeka.com  –  PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) – PELNI kembali menyelenggarakan angkutan gratis bagi masyarakat, lembaga, BUMN dan perkumpulan yang akan mengirim bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi di Lombok-NTB.

Bantuan Kemanusiaan dapat dimuat dari Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar dan Benoa, Bali dengan KM. Tilongkabila dan KM. Egon dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. "KM.Tilongkabila mengangkut bantuan dari berbagai komunitas di Bali, saat ini sedang proses muat," terang Kepala Pelni Cabang Bali Dadang Rukmana Sabtu (11/8) pagi.

Manager Humas, Kelembagaan, dan CSR PT PELNI (Persero) Idayu Adi Rahajeng mengatakan penyediaan angkutan gratis ini sebagai wujud "BUMN Hadir Untuk Negeri" dan kepedulian PELNI sebagai BUMN transportasi laut yang dapat mengantarkan bantuan kemanusiaan. Hal ini sesuai penugasan  dari Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan.

PELNI menyiapkan kapal motor (KM) Egon dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dan KM. Tilongkabila dari Makasar-Benoa  ke Pelabuhan Lembar Lombok-NTB. Keberangkatan KM. Egon (21/8) dari Surabaya. KM. Tilongkabila akan berangkat dari Makasar pada (22/8) tiba di Lombok (24/8). 

KM.Egon merupakan kapal tipe Roro dapat mengangkut mobil, alat berat dan penumpang. Sedangkan KM. Tilongkabila merupakan kapal penumpang, sehingga tidak dapat digunakan untuk mengangkut mobil, alat berat. "Tilongkabila hanya untuk penumpang dan barang saja," tutur Idayu.

Pada pemberangktan sebelumnya Selasa (7/8) KM Egon mengangkut bantuan dari beberapa  BUMN diantaranya, PT Jasa Raharja (Persero) dan PTPN XI (Persero) serta institusi atau lembaga lainnya seperti Basarnas dan Forum Zakat. “Bantuan-bantuan tersebut telah tiba di Posko BUMN yang ditugaskan Kementerian BUMN yaitu Bank Mandiri di Lombok, ” kata Idayu.  

Untuk pengiriman bantuan kemanusiaan dengan mengirim surat ditujukan kepada Direktur Usaha Angkutan Penumpang melalui email : humas@pelni.co.id dan dapat menghubungi Akhmad Sujadi HP 0813 1599 7063. PELNI tidak menanggung biaya orang dan angkutan dari Pelabuhan Lembar ke lokasi bantuan. "Bantuan agar dikirim langsung ke kapal untuk penumpang ya bayar tiket," tutup Idayu.


(Budi Nugraha/CN19/SM Network)