• KANAL BERITA

Pengungsi di Lombok Utara Belum Tersentuh Bantuan

Foto Istimewa
Foto Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com — Sejumlah wilayah di Lombok diketahui belum terjangkau bantuan. Hal tersebut karena tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masih kesulitan menjangkau wilayah tersebut.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis pada wartawan, Sabtu (11/8), mengungkapkan, hingga H+6 masih terdapat beberapa pengungsi yang belum mendapat bantuan.

Adapun sejumlah daerah yang belum mendapat bantuan, yakni Kecamatan Gangga, Kecamatan Kayangan, dan Kecamatan Pemenang di Lombok Utara. Sebab, ia menjelaskan tim kesulitan menjangkau daerah-daerah tersebut.

Selain itu, beberapa daerah di Lombok Barat juga masih sulit dijangkau. Meskipun ia mengakui, bantuan logistik terus berdatangan ke NTB dan Bali.

Sutopo mengatakan, permasalahan utama yang dihadapi posko bantuan adalah soal distribusi logistik ke ribuan titik pengungsian. Hal tersebut karena banyak akses jalan menuju lokasi pengungsi mengalami kerusakan. 

“Sebagian besar jalan di Lombok Utara mengalami kerusakan akibat gempa,” ujar dia.

Sutopo menegaskan saat ini percepatan distribusi logistik menjadi prioritas, selain pemenuhan kebutuhan dasar bagi pengungsi. Kebutuhan mendesak saat ini adalah tenda, selimut, makanan siap saji, beras, MCK portable, air minum, air bersih, tandon air, mie instan, pakaian, terpal/alas tidur, alat penerang/listrik, layanan kesehatan, dan layanan trauma healing.


(Rep/CN19/SM Network)