• KANAL BERITA

36 Kios Stadion Mochtar Pemalang Dikosongkan

Foto: Deretan kios di kompleks Stadion Mochtar Pemalang ditutup dan dipindahkan ke tempat lain oleh pemiliknya.(suaramerdeka.com/Saiful Bachri)
Foto: Deretan kios di kompleks Stadion Mochtar Pemalang ditutup dan dipindahkan ke tempat lain oleh pemiliknya.(suaramerdeka.com/Saiful Bachri)

PEMALANG, suaramerdeka.com – Sebanyak 36 kios yang terdampak pembangunan Stadion Mochtar Pemalang saat ini sudah dikosongkan, menyusul pembangunan stadion tersbut akan dimulai dalam waktu dekat. Setelah kontrak dengan Pemkab habis, para pedagang sudah meninggalkan kios tersebut.

Para pedagang berharap, setelah pembangunan stadion rampung, mereka mendapat prioritas untuk kembali menempati kios di kompleks stadion itu. Mulai kemarin,deretan kios di sisi sebelah utara stadion, atau di Jalan Cipto Mangunkusumo tutup.

Sejumlah pedagang mengatakan perpindahan itu karena masa kontrak penempatan kios milik pemkab itu sudah selesai. Seharusnya masa hak guna pakai sudah selesai pada Mei 2018, namun penghuni kios minta perpanjangan sampai Lebaran selesai.

''Bagi pemilik kios mestinya ingin nantinya setelah pembangunan stadion selesai mendapat prioritas untuk menempati kembali,'' ujar Eko, salah seorang penjaga kios fotokopi.

Sementara itu Kabid Cipta Karya Heri Firmantyo menjelaskan, pembangunan tribune Stadion Mochtar akan dilaksanakan tahun ini. Saat ini sedang persiapan lelang dan pelaksanaan pembangunan menunggu pemenang lelang.

Pembangunan tribune keliling stadion yang dianggarkan Rp 40 miliar itu menggusur sejumlah kios di sebelah utara. Kios itu merupakan bangunan lama. Sedangkan sejumlah kios bangunan baru, di bagian depan stadion tidak diutak-utik.

Kios lama di sebelah utara sebanyak 36 unit. Penghuni sudah diberitahu untuk mengosongkan bangunan. Masa kontrak habis Mei 2018. Pedagang minta agar pengosongan kios dilakukan setelah Lebaran. Setelah tribune rampung, tetap dibangun 19 unit atau berkurang 17 unit dari jumlah semula.


(Saiful Bachri/CN42/SM Network)