• KANAL BERITA

Sejumlah Anggota Ormas Ikuti Lomba PBB di Batang

Dalam Rangka Menyambut HUT RI ke 73

Salah satu satuan ormas ketika memperagakan PBB. (suaramerdeka.com/Kasirin Umar)
Salah satu satuan ormas ketika memperagakan PBB. (suaramerdeka.com/Kasirin Umar)

BATANG,suaramerdeka.com – Dalam rangka menyambut HUT RI ke 73 Tingkat Kabupaten Batang, dimeriahkan dengan berbagai macam lomba, di antaranya adalah lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB), yang diikuti sejumlah anggota Organisasi Masyarakat (Ormas), untuk memperebutkan piala Dandim 0736/Batang Tahun 2018.

Lomba yang berjalan meriah tersebut digelar di jalan Veteran Batang, melibatkan sebanyak 20 peleton satuan ormas. Mereka berasal dari satuan Front Pembela Islam (FPI), Barisan Ansor Serba Guna (Banser), dan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam), Kamis (9/8).

Komandan Kodim (Dandim) 0736 Batang, Letkol Kav Henry Napitupulu, selaku penyelenggara mengatakan, lomba PBB diikuti oleh 20 pleton dari seluruh ormas yang ada di Kabupaten Batang. "Lomba PBB untuk menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat, mempersatukan seluruh ormas walau pun ada perbedaan tetapi tetap satu kebersamaan. Juga untuk menciptakan disiplin bagi seluruh ormas, sehingga moralnya akan terbentuk untuk mencintai kedaulatan NKRI akan lebih meningkat,” kata Dandim.

Dikatakan oleh Dandim, hubungan ormas dengan TNI-Polri sudah cukup bagus yang harus tetap terjaga dan makin ditingkatkan, terlihat di setiap kegiatan selalu bersama-sama menyukseskan kondusivitas wilayah.

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Batang Suyono menambahkan, ormas merupakan aset bangsa yang ikut menjaga kedaulatan NKRI bersama TNI-Polri. Sehingga kebaradaan ormas harus bisa menyatu dan bersama mendukung program pemerintah. "Ormas juga memiliki peran, bersama TNI-Polri untuk mengantisipasi adanya gerakan atau ajaran serta hasutan yang akan memecah persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Suyono.

Sementara itu Kapolres Batang, AKBP Edi Suranta Sinulingga mengatakan, Polri dan TNI tidaklah mampu bekerja tanpa adanya dukungan masayrakat.

“Kita pun tidak ingin dipisahkan dengan masyarakat. Bupati, Kodim 0736 dan Polres Batang adalah milik masyarakat, walau pun seragam kita berbeda tetapi kita saling memberikan masukan untuk kemajuan Kabupaten Batang," pungkas Kapolres.


(Kasirin Umar/CN40/SM Network)