• KANAL BERITA

Penyandang Difabel Dibantu Mendapat SIM D

PEMBUATAN SIM: Sejumlah penyandang difabel saat mendapat penjelasan di Mapolres Jepara untuk proses pembuatan SIM D. (Foto: suaramerdeka.com/dok)
PEMBUATAN SIM: Sejumlah penyandang difabel saat mendapat penjelasan di Mapolres Jepara untuk proses pembuatan SIM D. (Foto: suaramerdeka.com/dok)

JEPARA, suaramerdeka.com - Politisi Partai NasDem membantu pengurusan SIM D khusus penyandang difabel di Kabupaten Jepara. Diharapkan surat lisensi berkendara di jalan raya tersebut mampu menunjang berbagai aktivitas warga kebutuhan khusus di Kota Ukir. 

Ada 25 penyandang difabel yang dibantu pengurusan SIM D, oleh dua politisi NasDem, Nur Hidayat dan Lestari Moerdijat (Rerie)) di Mapolres Jepara, Kamis (9/8). Meski tergolong warga berkebutuhan khusus, namun para penyandang difabel ini juga mengikuti serangkaian tahapan yang telah ditetapkan untuk mendapat surat lisensi berkendara di jalan raya.

"Saya dan Mbak Rerie berkomitmen untuk membantu dan memberikan sentuhan positif untuk saudara kita dari kalangan difabel," kata Nur Hidayat yang juga Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Jepara ini, Rabu (8/8).

Bentuk pemberdayaan yang dilakukan, kata Nur Hidayat beragam. Salah satu progam yang akan dijalankan yakni kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi sahabat difa dan memberikan pelatihan pembangunan karakter bagi warga berkebutuhan khusus.

"Jadi semacam character building. Mbak Rerie merupakan aktivis peduli masyarakat marginal makanya itu jadi komitmen," jelasnya.

Nur Hidayat menegaskan kegiatan pemberdayaan kalangan difabel ini akan terus dilakukan. Sebab berdasar pendataannya, jumlah difabel di Kota Ukir mencapai ribuan orang. Mayoritas diantara mereka berasal dari kalangan menengah ke bawah.

"Mereka juga berhak menikmati hasil pembangunan layaknya warga pada umumnya. Kita harus menguatkan keberpihakan pada mereka," tandasnya. 


(Arie Widiarto/CN41/SM Network)