• KANAL BERITA

TMMD di Sleman Over Prestasi

Foto: suaramerdeka.com/dok
Foto: suaramerdeka.com/dok

SLEMAN, suaramerdeka.com - Operasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung ke-102 Tahap II tahun 2018 di Desa Wedomartani Ngemplak, Sleman selesai dilaksanakan. Pasiter Kodim 0732/Sleman Kapten Infanteri Nugroho Agoeng Trapsilo mengatakan, kegiatan yang dimulai sejak 10 Juni hingga 8 Agustus 2018 itu mampu menghemat biaya hingga Rp 47,3 juta. 

"Proyek ini jika diborongkan akan membutuhkan dana Rp 297,3 juta. Namun dikerjakan dengan TMMD hanya menghabiskan biaya Rp 250 juta," jelas Agoeng dalam laporannya saat penutupan Operasi TMMD di Lapangan Wedomartani, Ngemplak, Rabu (8/8).

Sumber dana TMMD kali ini berasal dari APBD Kabupaten Sleman sebesar Rp 150 juta, dam APBD DIY Rp 75 juta,  serta swadaya masyarakat berupa tenaga dan material senilai Rp 25 juta. Sasaran proyek fisiknya meliputi pengerasan jalan sepanjang 700 meter dan lebar 5 meter, pembuatan talud sepanjang 500 meter, serta pembuatan dua gorong-gorong. Adapun pembangunan non fisiknya antara lain penyuluhan wawasan kebangsaan, kamtibmas, napza, kesehatan, KB, pertanian, dan lingkungan hidup.

Operasi TMMD tersebut juga dinilai over prestasi karena berhasil membangun sasaran tambahan seperti pembuatan jalan baru sepanjang 200 meter, talud sepanjang 400 meter, rehab 1 buah masjid dan pos kamling, serta lantainisasi 1 buah. “Sasaran awal dan tambahan berhasil dilaksanakan 100 persen," tambah Agoeng.

Dia berharap operasi TMMD yang dilaksanakan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Selain melancarkan akses transportasi antar desa, diharapkan pula mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono dalam sambutannya yang dibacakan oleh Komandan Kodim 0732/Sleman Letkol Inf Diantoro menyampaikan, operasi TMMD merupakan salah satu peran nyata TNI dalam mendukung pembangunan. "Selain mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat, TMMD yang dilaksanakan tiga kali setahun ini juga sebagai wahana untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong, rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan serta ketahanan nasional," tambahnya.

Operasi TMMD ke-102 ini melibatkan 50 satgas TMMD di 50 kabupaten/kota, 57 kecamatan, dan 79 desa yang didukung oleh pemerintah daerah setempat. TMMD telah berhasil mewujudkan program rehabilitasi lebih dari 200 unit rumah, pembukaan 86 Km jalan baru, pengerasan dan betonisasi 60 km jalan, perbaikan 30 rumah ibadah, 8 sekolah, pembangunan jembatan dengan panjang total 252 meter

“TMMD juga telah berhasil membuat 43 unit MCK, pembangunan Poskamling dan saluran drainase di lebih dari 30 desa, serta pemberian kambing pada peternak binaan serta penanaman 3.500 pohon di lahan konservasi alam,” jelas Mulyono.

Di akhir upacara penutupan, Dandim menyerahkan hasil TMMD kepada Bupati Sleman.


(Amelia Hapsari/CN41/SM Network)