• KANAL BERITA

Babinsa Mendukung Pelayanan Kesehatan di Lokasi TMMD Pasegeran

foto: suaramerdeka/dok
foto: suaramerdeka/dok

BANJARNEGARA, suaramerdeka.com – Publik banyak tidak mengetahui bahwasanya Bidan Desa (Bides) berada di desa pelosok dan terpencil, sedangkan keberadaannya sangat dibutuhkan oleh lingkungan masyarakat di daerah yang serba berkekurangan.
 
Di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), anak-anak balita ditimbang, diberi penyuluhan asupan gizi cukup, vitamin A, serta pengarahan bagi ibu hamil dan menyusui serta membantu persalinan. Dari tangan dingin mereka, kesehatan bayi hingga orang dewasa terjaga dan terdata dengan sistematis dan kongkrit.

Mereka adalah bidan desa yang tinggal bersama masyarakat desa, di Poliklinik Desa (Polindes), Puskesmas Pembantu (Pustu), ataupun menempati rumah tinggal di tengah-tengah kampung desa binaan. Tanpa perannya, maka tidak akan ada deteksi dini kematian ibu dan bayi, gizi kurang, kekurangan vitamin A, wabah penyakit menular dan lainnya. Termasuk langkah pencegahan, hingga tindakan bisa berjalan ke puskesmas sampai rumah sakit.
 
Bidan adalah ujung tombak pemerintah dalam melayani kesehatan dan mendapatkan data kesehatan dan jumlah penduduk dari masyarakat. Derajat kesehatan nasional sebuah bangsa, didapatkan dari data Angka Kematian Ibu/Angka Kematian Bayi (AKI/AKB) dan tingkat kesuksesannya didapatkan dari data penurunan AKI/AKB, bidan desa lah selama ini yang bertugas menjalankan program tersebut. Bidan desa adalah para pekerja dan sudah mengabdikan dirinya bagi negara dan masyarakat di sektor pelayanan publik prioritas program nasional di bidang kesehatan. Sebagian besar desa di Indonesia jauh dari fasilitas kesehatan yang memadai termasuk dokter. Negara dituntut hadir dan bertanggung jawab memberikan pelayanan kesehatan yang prima.
 
Dari penjelasan di atas, tugas tersebut diemban oleh Linna Rubianingsih (29), istri dari Babinsa Pasegeran, Serda Suwondo yang bertugas di desa terpencil dan terbelakang di Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum, desa sasaran TMMD Reguler 102 Kodim Banjarnegara.
 
Terlihat Linna dan Suwondo yang menempati Rumdis Polindes PKD Kecamatan Pandanarum, akan mendatangi rumah Tinem (80) janda Rt/Rw. 3 Dusun Kroya Pasegeran, salah satu penerima bedah rumah TMMD dari 10 orang warga lainnya, untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada nenek tersebut yang mengalami gangguan kesehatan.


(Red/CN34/SM Network)