• KANAL BERITA

Mahfud MD: Mahasiswa UGM Harus Jadi Sarjana yang Sujana

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Hakim Konstitusi periode 2008-2013, Mahfud MD, hadir dalam Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM 2018, di Lapangan Pancasila, kompleks kampus UGM, Senin (6/8) pagi.

Dalam orasi kebangsaannya, ia berpesan kepada mahasiswa baru, kesuksesan harus diupayakan dengan secermat-cermatnya dan seserius mungkin. Oleh karena itu, mahasiswa harus bekerja dengan keras dan meningkatkan ketakwaan mereka.

Sebagai seorang alumnus UGM, Mahfud juga berpesan agar mahasiswa yang belajar di UGM tidak hanya menjadi sarjana saja namun harus menjadi sarjana yang sujana. Yaitu, sarjana yang baik hati, budiman, dan selalu ingin berkorban untuk kebaikan bangsa dan negaranya.

“Mahasiswa harus jadi sarjana yang sujana yang dalam istilah sederhana biasa disebut cendekiawan atau intelektual. Jangan puas menjadi sarjana tapi harus menjadi cendekiawan yang punya kemampuan otak yang tajam, tapi juga punya kemuliaan watak yang dalam,” tegasnya.

Sementara itu Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono mengatakan PPSMB ini akan berlangsung selama enam hari mulai 6–11 Agustus 2018. Tujuannya untuk mewujudkan kegiatan orientasi dan pengenalan kampus yang berorientasi pada nilai-nilai luhur dan jati diri universitas. Selain itu, juga untuk membentuk karakter mahasiswa yang mengedepankan sikap sebagai intelektual yang mengandalkan kecerdasan berpikir, kedewasaan dalam bertutur kata dan bertindak, antikekerasan, berbudaya, bermartabat, inspiratif, serta menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

Pihaknya akan mendidik para mahasiswa menjadi calon-calon pemimpin bangsa Indonesia dengan bekal karakter. 

“Untuk itu para orang tua mahasiswa juga harus bisa mengingatkan untuk berhati-hati dalam pergaulan, sehingga semua bisa mendukung kesuksesan mahasiswa yang akan kami didik sekuat hati dan sepenuh tenaga,” pungkasnya.


(Pemprov Jateng/CN41/SM Network)