• KANAL BERITA

Duta Genre 2018, Berharap Motivator bagi Remaja

Para finalis tampil menari pada pembukaan pemilihan Duta Genre Kabupaten Tegal 2018 di Gedung Muslimat NU, Slawi, Kabupaten Tegal. (suaramerdeka.com/Cessnasari)
Para finalis tampil menari pada pembukaan pemilihan Duta Genre Kabupaten Tegal 2018 di Gedung Muslimat NU, Slawi, Kabupaten Tegal. (suaramerdeka.com/Cessnasari)

TEGAL, suaramerdeka.com - Sebanyak 69 remaja mengikuti proses seleksi duta generasi berencana (Genre) 2018 Kabupaten Tegal 2018. Dari kegiatan ini diharapkan lahir remaja yang bisa menjadi teladan yang baik, motivator, konselor terhadap teman sebaya sesama remaja, serta dapat menyebarkan virus Genre di kalangan remaja.

Kegiatan ini digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tegal. Proses pemilihan diawali dengan pembekalan di aula DP3AP2KB pada tanggal 2 Agustus. Selanjutnya penilaian meliputi wawancara, presentasi dan unjuk kemampuan bakat dan minat di Gedung Muslimat NU, Slawi, Kabupaten Tegal tanggal 4 Agustus.

Ketua panitia kegiatan, Ayu Diah Parahita mengatakan, para duta genre diharapkan membentuk Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja di Kabupaten Tegal. Sehingga kegiatan remaja akan lebih terarah dan positif.

‘’Kami berharap, remaja mengetahui delapan substansi Genre, agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba/napza, seks bebas dan terhindar dari HIV/AIDS,’’ jelas Parahita, pada saat pembukaan Pemilihan Duta Genre di Gedung Muslimat NU, Slawi, kemarin.

Parahita menyebutkan, pemilihan duta genre tahun ini dibagi dua jalur, yakni jalur pendidikan dan jalur masyarakat. Peserta dari jalur pendidikan 18 orang terdiri atas lima putra dan 13 putri. Sedangkan peserta dari jalur masyarakat 51 orang terdiri atas 23 putra dan 28 putri.

Ada pun juara I putra adalah Iqbal Wahyu P (Stikes Bhamada) dan juara II diraih Arfan Ikmaludin (Stikes Bhamada). Juara I putri diraih Zakiyah (Stikes Bhamada) dan juara II diraih Ika Amalia (Stikes Bhamada).

Dari jalur masyarakat dipilih enam juara. Untuk putra  juara 1 M Zaenal Arifin (Kramat), juara II A Bukhroni Aldi (Slawi), juara III Kres Ancelno Fatah (MAN 1 Tegal), juara IV Zulfan Lidnan (SMA 3 Slawi), juara V Danni Aryo ( SMA 1 Bojong), juara VI M Abdul Aziz (SMA 1 Pangkah).

Untuk putri juara I diraih Fiska Mutiara Hani (Pagerbarang), juara II Diana Yanuar R (SMA 1 Slawi), juara III Safrina F (SMA 1 Pangkah), juara IV Maulida Fitria Z (Slawi), juara V Keysha PAZ (SMA 3 Slawi) dan juara VI Aufa Seronita A  (MAN 1 Tegal).

Sementara itu, kategori penampilan terbaik diraih oleh Zulfan Lidnan dan Maulida Fitria Z. Para juara mendapat piala dan piagam , ditambah uang pembinaan bagi juara I,II dan III. Selanjutnya juara I putra dan putri dari jalur pendidikan dan masyarakat akan mewakili Kabupaten Tegal pada pemilihan Duta Genre Tingkat Jateng 2018.


(Cessnasari/CN40/SM Network)