• KANAL BERITA

Sinergitas Pendidikan UGM-National Central University Taiwan 

Buka Dua Degree Program Master

Foto Istimewa
Foto Istimewa

SLEMAN, suaramerdeka.com - Sinergitas antara Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan Departement of Life Sciences National Central University (NCU) diperkuat bersama dengan membuka dual degree program master.

Demikian mengemuka dalam kunjungan yang dilakukan Dekan Fakultas Biologi UGM, Budi S. Daryono, beserta rombongan ke NCU.

Kunjungan pada akhir Juli 2018 lalu, Budi mempromosikan Fakultas Biologi UGM dan menjelaskan riset yang ditekuninya tentang melon. Ia menyampaikan, peneliti di Indonesia sangat diharapkan penelitiannya untuk dihilirisasi.

"Hilirisasi baik kepada masyarakat maupun industri, itu sangat didorong agar penelitian yang dihasilkan dampaknya bisa langsung dirasakan masyarakat dalam skala luas," kata Budi saat tampil di Mini-Symposium: Frontier in Life Sciences

Selain Budi, turut serta Dosen Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Biologi UGM, Arief Muammar. Ia menyampaikan risetnya tentang bioethanol. Mereka hadir atas undangan Kepala Department of Life Sciences NCU, Chien Chia Wang.

Undangan merupakan rangkaian kegiatan hibah yang didanai Pemerintah Taiwan kepada Prof. Wang, sebagai Principle Investigator, serta Budi dan Arief sebagai kolaborator. Kerja sama tidak cuma fokus ke penelitian.

Menariknya, hibah yang diberikan Kementerian Pendidikan Taiwan ini akan pula menjadi fasilitator. Tujuanya, untuk mengundang kolaborator guna berbagi manfaat penelitian di perguruan tinggi Taiwan.


(Rep/CN19/SM Network)