• KANAL BERITA

DPR Dorong UMKM Berskala Ekspor

SENTRA SAPU : Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengunjungi sentra kerajinan sapu glagah di Desa Kajongan, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga, Rabu (1/8). ( SM/Ryan Rachman)
SENTRA SAPU : Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengunjungi sentra kerajinan sapu glagah di Desa Kajongan, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga, Rabu (1/8). ( SM/Ryan Rachman)

PURBALINGGA, suaramerdeka.com - Pemerintah saat ini sedang giat-giatnya mendorong pertumbuhan ekonomi di sektor riil khusus ekonomi kerakyatan, dalam hal ini UMKM. Usaha tersebut didorong untuk berkembang dan berskala ekspor. 

Hal itu dikemukakan oleh Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, saat mengunjungi sentra kerajinan sapu glagah di Desa Kajongan, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga, Rabu (1/8).

"Kita harus kompetitif di pasar internasional, untuk kerajinan seperti batik, tekstil, sepatu, termasuk industri dan UMKM dari Purbalingga. Karena itu DPR sangat mendorong ," katanya.

Bamsoet sangat mengapresiasi dan mengagumi sejumlah produk industri dan UMKM di Kabupaten Purbalingga yang memiliki kualitas dan sudah menembus pasar internasional. Sebut saja, sapu glagah, knalpot, gula serbuk, bulu mata dan rambut palsu serta kayu lapis.

"Ini di Purbalingga produknya kan kita tahu, sudah ekspor dan tidak kalah dengan produk dari negara lain. Karena itu saya dorong produk lain untuk mengikuti jejaknya," imbuhnya.

Lebih lanjut, diakui, saat ini nilai tukar rupiah sedang lemah dibanding dollar Amerika. Namun, kondisi itu harus dimanfaatkan sebaiknya oleh para pelaku industri dan UMKM di Purbalingga secara khusus dan di Indonesia secara umum, untuk meningkatkan aktivitas ekspor produknya.

"Tingginya nilai dollar, sebenarnya yang diuntungkan pelaku usaha dalam negeri yang mampu mengirimkan produknya ke luar negeri," katanya.


(Ryan Rachman/CN34/SM Network)