• KANAL BERITA

Desa Diminta Cermat Gandeng LPPM

- Seleksi Perangkat Desa

foto: istimewa
foto: istimewa

SRAGEN, suaramerdeka.com – Panitia pemilihan perangkat desa di Sragen diminta mempertimbangkan secara matang dalam mengandeng  dan memilih Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) sebagai partner. Kebijakan ini  untuk menjaga kualitas dan guna memperoleh sumber daya manusia perangkat desa terbaik.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bambang Widjo Purwanto mengingatkan seleksi pengisian perangkat desa menjadi kesempatan terbaik untuk menunjukkan kemandirian desa dalam menentukan dan memilih kualitas dan mutu perangkat desa terpilih.

Politikus yang akrab dipanggil Bambang Pur ini mengatakan, saat ini desa diberi wewenang menentukan LPPM sesuai pertimbangan mereka. Namun Pemkab Sragen telah merekomendasikan sejumlah perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

‘’Harapan kami, desa-desa jangan asal-asalan menunjuk LPPM, sebab dalam seleksi perdes ini salah satu hasilnya supaya mendapat orang-orang yang terbaik,’’ katanya, Senin (30/7). Melihat beragam LPPM, seharusnya pihak desa mampu menjaga kualitas perdes terpilih.

Menurut dia, misalnya pertimbangan anggaran tidak terbatas, lalu memilih yang lebih murah, mungkin hasilnya berbeda. ‘’Bicara kualitas, tentu LPPM yang baik akan menghasilkan kualitas perangkat desa yang lebih baik,’’ katanya.

Sementara itu Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan Senin-Selasa (30-31/7), Pemkab Sragen baru menerima data desa yang sudah menggandeng LPPM. ‘’Berdasarkan data itu bisa dilihat desa apa menggandeng LPPM apa, yang selama ini sudah bekerja sama dengan Pemkab Sragen,’’ kata Yuni.

Yuni mengatakan ada beberapa desa mengajukan ke UGM, Unisri dan sebagainya. Pihaknya mempersilakan desa-desa bekerja sama dengan LPPM sesuai rekomendasi pemkab. Bupati juga sudah mendapat informasi dari Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) terkait UNS dan Undip belum memberi sinyal kerja sama dalam pengisian perangkat desa.


(Basuni Hariwoto/CN34/SM Network)