• KANAL BERITA

Sejumlah Pelajar Kebumen Deklarasi Anti Narkoba

Para pelajar melakukan jalan sehat usai deklari anti nakorba pada acara peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2018, Minggu (29/7). (suaramerdeka.com/Supriyanto)
Para pelajar melakukan jalan sehat usai deklari anti nakorba pada acara peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2018, Minggu (29/7). (suaramerdeka.com/Supriyanto)

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Sejumlah pelajar Kebumen menggelar deklarasi tolak penyalahgunaan Narkoba dalam peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2018 di Alun-alun Kebumen, Minggu (29/7). Selain deklarasi anti narkoba, kegiatan yang digelar Kesbangpol  bersama Polres Kebumen itu, para pelajar yang hadir juga mendeklarasikan anti hoaks dan anti radikalisme.

Deklarasi para pelajar yang tergabung dalma Kesatuan Aksi Pelajar Anti Narkoba (KAPA) dilaksanakan saat mengikuti akbar. Kegiatan itu juga diisi dengan pemusnahan minuman keras dan jalan sehat yang dilepas Pj Sekda Kebumen Mahmud Fauzi. Kegiatan itu bersamaan dengan car free day (CFD) yang diterapkan setiap Minggu pagi di Alun-alun Kebumen.

Kabag Ops Polres Kebumen, Kompol Cipto Rahayu mengatakan, kegiatan itu untuk memeriahkan dan menggaungkan hari anti narkoba internasional 2018. Melalui peringatan itu akan mengingatkan masyarakat untuk menghindari penyalahgunaan narkoba, melawan penyalahgunaan obat-obatan, dan penjualan obat secara ilegal.

Musnahkan Miras

Dalam acara itu, ratusan botol miras berbagai jenis dari hasil operasi kepolisian yang ditingkatkan dimusnahkan di tengah kerumunan ribuan pelajar dan pengunjung CFD. Termasuk para pelajar dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hadir juga ikut memusnahkan barang bukti miras hasil sitaan Polres Kebumen. Total yang dimusnahkan ada 200 botol minuman keras.

Kepala Kantor Kesbangpol Kebumen, Nur Taqwa Setiyabudi menjelaskan, deklarasi ini menjadi titik perjuangan Kebumen memerangi narkoba. Dengan komitmen bersama ini, diharapkan narkoba tidak sampai mendera pelajar di Kebumen. Di samping perang, ia pun mengharapkan pelajar aktif mensosialisasikan bahaya narkoba.

"Pelajar juga diharapkan ikut andil mensukseskan program pembangunan pemkab dengan semangat kegotongroyongan," tandasnya.


(Supriyanto/CN40/SM Network)