• KANAL BERITA

Untidar Wakil Jateng dalam PCTA Tingkat Nasional

Foto: Kepala Kantor Kementrian Pertahanan RI Jawa Tengah Marsekal Pertama TNI Latif Ainul Yaqin SE MM (kiri) menyerahkan hadiah kepada juara I yang diraih Tim Universitas Tidal Magelang dalam Lomba PCTA Tingkat Jawa Tengah, Kamis (26/7). (suaramerdeka.com/Maulana  M Fahmi)
Foto: Kepala Kantor Kementrian Pertahanan RI Jawa Tengah Marsekal Pertama TNI Latif Ainul Yaqin SE MM (kiri) menyerahkan hadiah kepada juara I yang diraih Tim Universitas Tidal Magelang dalam Lomba PCTA Tingkat Jawa Tengah, Kamis (26/7). (suaramerdeka.com/Maulana M Fahmi)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Universitas Tidar (Untidar) Magelang dipilih untuk mewakili Jawa Tengah dalam Final Lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) Tingkat Nasional kategori Perguruan Tinggi yang digelar Kementrian Pertahanan RI di Bandung, September 2018 mendatang.

Lolosnya Untidar Magelang mewakili Jawa Tengah dalam lomba tersebut setelah berhasil menjuarai Lomba PCTA tingkat Jawa Tengah yang digelar Kantor Kemenhan RI perwakilan Jawa Tengah di Wisma Pemda Jawa Tengah, Rabu hingga Kamis (25-26/7).

Untidar unggul dari Universitas Islam negeri (UIN) Walisongo Semarang (juara II) dan Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang (juara III).
Sementara untuk kategori Sekolah Menengah Atas atau kejuruan, SMA Negeri 2 Wonogiri berhasil merebut juara I. Sedang juara II dan III diraih SMA Negeri 1 Boyolali dan SMK Texmaco Pemalang.

Kepala Kantor Kementrian Pertahanan RI Jawa Tengah, Marsekal Pertama TNI Latif Ainul Yaqin SE MM dalam sambutan penutupan mengatakan pada dasarnya semua peserta memiliki kemampuan, wawasan dan semangat yang begitu baik. 

"Pada diri mereka sudah tertanam rasa cinta tanah air dan bela negara, sehingga begitu mudah mengikuti kegiatan apa saja yang diselenggarakan semua pihak, termasuk Parade Cinta Tanah Air ini,” jelas Latif Ainul Yaqin.

Para peserta menurutnya akan masuk dalam wadah organisasi Parade Cinta Tanah Air (PCTA) dalam binaan Kementrian Pertahanan RI.

 "Kita sudah punya rencana jangka pendek dan jangka panjang untuk mereka, sehingga mereka nanti akan kita bina dan jaga agar rasa nasionalisme, cinta tanah air dan bela negaranya tidak luntur, melainkan bisa ditularkan kepada lingkungannya dan generasinya,” ujarnya. 

Setidaknya para alumni PCTA ini akan menjadi kader yang akan menggelorakan semangan Cinta Tanah Air dan Bela Negara di kalangan generasi muda dalam menjaga dan melindungi kedaulatan NKRI. Praktis mereka ini juga akan menjadi kader-kader yang akan membentengi generasi muda dari potensi ancaman bahaya Narkoba, Radikalisme dan Ideologi yang menyimpang dari Pancasila.


(Maulana M Fahmi/CN42/SM Network)