• KANAL BERITA

Rachmat Triyono: Indonesia Memang Daerah Rawan Gempa Bumi

Foto: ilustrasi gempa bumi / istimewa
Foto: ilustrasi gempa bumi / istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rachmat Triyono, mengatakan bahwa daerah Indonesia memang daerah yang rawan gempa.

"Cuman yang kali ini cukup signifikan dengan kekuatan 6.4 dan sampai dengan pukul 9.20 pagi itu sudah terjadi 66 kali gempa susulan jadi cukup dari periode waktu yang cukup singkat juga luar biasa gempa susulannya," terangnya, terkait gempa yang tejadi di Lombok, NTB pada Minggu (29/7).

Seperti dilansir RRI, Rahmat juga menghimbau kepada warga sekitar agar tetap waspada kepada bangunan-bangunan yang diguncang gempa dengan kekuatan 6.4 skala richter dimana bangunan tersebut sudah agak bergoyang dan miring.

Sementara itu, dikatakannya sampai saat ini gempa bumi belum bisa diprediksi jadi pihaknya tidak mendetect adanya-adanya tanda-tanda akan terjadi gempa, namun begitu ada gempa dia memastikan untuk segera memonitor gempa-gempa susulan.

"Diprediksi dalam beberapa waktu kedepan mungkin masih akan terjadi gempa-gempa susulan karena sampai dengan jam 9.20 pagi ini saja sudah 66 kali gempa dan itu biasanya akan menurun dan pada akhirnya akan stabil kembali," jelasnya.

Menurutnya, gempa merupakan suatu hal yang wajar dan kadang terjadi untuk kestabilan energi.


(RRI/CN42/SM Network)