• KANAL BERITA

Transaksi Lelang Komoditas Agro Capai Rp 29,8 Miliar

Foto: istimewa
Foto: istimewa

TEMANGGUNG, suaramerdeka.com – Transaksi pasar lelang komoditas agro yang digelar di Soropadan, Temanggung, mencapai total Rp 29,8 miliar. Transaksi didominasi oleh komoditas, kopi, jagung, gula kelapa, kacang hijau,  bawang merah, madu, rempah-rempah dan jambu air. Tiga komoditas agro yaitu kopi, jagung dan gula tercatat dengan nilai transaksi sebesar Rp 28,7 miliar.

''Komoditas lain yang transaksinya cukup tinggi adalah kacang hijau sebanyak 70 ton dengan nilai transaksi Rp 805 juta dan rempah-rempah sebanyak 200 ton dengan nilai transaksi Rp 510 juta,'' papar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Tengah, M Arif Sambodo, saat meninjau langsung pasar lelang agro di Soropadan Ekspo, Temanggung, kemarin.

Turut hadir menyaksikan pasar lelang agro di antaranya Staf Ahli Mentan Bidang Pembangunan Infrastruktur Pertanian, Ani Andayani, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi, serta Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Prijo Anggoro.

Arif menambahkan, kegiatan lelang tahun ini sudah mengaplikasikan sistem online dari Kementerian Perdagangan, sehingga peserta semakin banyak memiliki keuntungan, diantaranya biaya bisa ditekan, produsen bisa mendapatkan harga optimal, semakin mudah temu dagang antara produsen dan konsumen, dan produk yang dijual semakin bervariasi. Kali ini peserta tidak hanya Pulau Jawa, namun Pulau Sumatera, dan Sulawesi turut meramaikan pasar lelang agro.

''Tahun ini makin banyak pesertanya, begitu juga komoditas yang dijual atau ditawarkan tentunya sudah terstandar. Dan di Soropadan ini transaksi cukup menggembirakan tercatat totalRp 29,8 miliar. Komoditas kopi saja terjual sebanyak 500 ton dengan nilai transaksi Rp 25 miliar,'' jelasnya.

Sedangkan Ketua Umum Asosiasi Pedagang Mie Bakso (Apmiso) Jateng, Lasiman mengatakan, pasar lelang banyak keuntungan bagi asosiasinya. Karena bisa langsung ketemu dengan produsen dan konsumen langsung. Misalnya kebutuhan sayur mayur dan cabai bisa mendapatkan harga yang kompetitif, harga yang terbaik.

''Kami sangat setuju bila pasar lelang agro sering diadakan. Apalagi sudah memakai sistem online. Kebutuhan seledri dan cabai bisa langsung pesan pada produsen atau petani langsung.  Kami sudah bertemu, sudah ada tahap pembicaraan dengan produsen cabai rawit setan di Boyolali untuk memenuhi kebutuhan anggota Apmiso,'' tandasnya.


(Irawan Aryanto/CN40/SM Network)