• KANAL BERITA

Peserta Karnaval Tematik Akan Dinilai Juri

Sejumlah peserta mengikuti Rapat Koordinasi Pemantapan Karnaval Tematik 2018, di Ruang Mangunkusumo Setda Wonosobo. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)
Sejumlah peserta mengikuti Rapat Koordinasi Pemantapan Karnaval Tematik 2018, di Ruang Mangunkusumo Setda Wonosobo. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Para peserta karnaval tematik dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Wonosobo ke-193 dan Hari Kemerdekaan RI ke-73, akan dinilai para juri. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik, Bambang Sutejo.

“Peserta tidak hanya tampil dengan beragam variasi pilihan mereka, namun juga harus menyajikannya dalam bentuk sinopsis terkait tema yang diangkat untuk dilakukan penilaian,” tutur dia.

Para juri akan memberikan penilaian untuk tiga kategori utama, yakni kreasi dan inovasi, estetika dan keindahan, serta kesesuaian dengan tema dan institusi yang diwakili. Selain mengandung unsur informasi serta promosi potensi unggulan, para peserta diminta tidak mencoba memasukkan unsur sara dalam penampilan mereka, baik menggunakan kendaraan roda dua, roda empat maupun bersepeda kayuh dan berjalan kaki.

Senada, Kepala Seksi Komunikasi Publik, Sri Fatonah menerangkan untuk teknis setiap peserta diperbolehkan menggunakan kendaraan baik roda empat, roda dua, atau bersepeda dan berjalan kaki. “Untuk personil di masing-masing tim, peserta maksimal adalah 100 orang, sementara untuk kendaraan roda empat atau lebih maksimal tiga unit, dan kendaraan roda dua maksimal 30 unit," ujar dia.

Untuk teknis di lapangan, para peserta akan berangkat mulai dari perempatan honggoderpo, lalu menyusuri Ahmad Yani dan perform di depan podium utama dengan alokasi waktu maksimal lima menit. Para peserta dengan penampilan terbaik akan berhak mendapatkan trophy bergilir Bupati Wonosobo dan Trophy Tetap Bupati Wonosobo serta sertifikat.

Perlu diketahui, karnaval tematik peringatan Hari Jadi Kabupaten Wonosobo ke 193 dan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 akan digelar Sabtu (18/8) mendatang. Kegiatan rutin tahunan tersebut mengangkat tema Guyub Rukun Mbangun Wonosobo, dengan tiga sub tema Menggali Potensi untuk Wonosobo Sejahtera, Bersatu untuk Wonosobo Mandiri, dan Wonosobo Peduli Hak Asasi Manusia Berbasis Kearifan Lokal.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Wonosobo, Dwiyama saat Rapat Koordinasi Pemantapan Karnaval Tematik 2018, di Ruang Mangunkusumo Setda Wonosobo, baru-baru ini. Rapat koordinasi diikuti sekitar 60 peserta dari unsur organisasi perangkat daerah (OPD), kecamatan, badan usaha, sekolah hingga komunitas.

Selaku penanggung jawab karnaval tematik 2018, pihaknya masih akan mempertahankan rute karnaval seperti tahun lalu. Untuk start di Jalan Tumenggung Jogonegoro, kemudian menyusuri Jalan Ahmad Yani, sampai Jalan Raden Mangunkusumo dan berakhir di Jalan Sabuk Alu. "Peserta berasal dari SMP/MTs, SMA/SMK/MA serta OPD Pemkab dan Kecamatan, serta BUMN/BUMD hingga komunitas publik," terang dia.

Untuk pendaftaran peserta, kata dia, saat ini sudah dibuka sampai tanggal 10 Agustus 2018, dengan cara offline maupun online. Untuk pendaftaran online, para peserta dapat mengakses website resmi Diskominfo di diskominfo.wonosobokab.go.id. Setelah rapat koordinasi tersebut, pihaknya masih akan menggelar technical meeting yang rencananya dilakukan Senin (13/8) mendatang.


(M Abdul Rohman/CN40/SM Network)