• KANAL BERITA

Pemerintah Optimistis Indonesia Jadi Lumbung Pangan pada 2045

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian Pertanian (Kementan) optimistis Indonesia akan menjadi lumbung pangan pada 2045. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapainya adalah dengan optimalisasi irigasi pertanian. Dengan adanya jaminan ketersediaan air yang baik maka petani akan bisa menanam kapan saja, sehingga produksi pertanian mudah untuk ditingkatkan.

"Berdasarkan analisis dan tinjauan lapangan, faktor ketersediaan air irigasi merupakan faktor kunci sukses pencapaian target produksi," kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Pending Dadih menambahkan, tanpa air pertanian tidak akan berjalan dengan baik dan tidak akan memberi hasil optimal.

"Air mutlak bagi petani. Air menjadi kebutuhan mutlak bila ingin meningkatkan produksi padi dan mencapai swasembada beras,” ujar Pending Dadih. 

Salah satu jenis irigasi yang saat ini dikembangkan oleh Kementan adalah irigasi perpompaan dan perpipaan. Khusus untuk kegiatan air irigasi, pada tahun 2018 akan difokuskan pada optimalisasi  pemanfaatan sumber air untuk meningkatkan intensitas pertanaman (IP). Untuk itu,  dia meminta bila ada daerah yang memiliki potensi sumber air agar mengajukan kegiatan irigasi. 

"Bila lokasi sumber air cukup jauh dari lahan, bisa mengajukan  kegiatan pipanisasi. Bahkan kalau perlu pompa air akan disiapkan," jelasnya.

Pending meyakini dapat mengantisipasi potensi kekeringan yang biasa terjadi di beberapa wilayah di Indonesia saat ini khususnya pada bulan Juli – September 2018.


(Arif M Iqbal /CN41/SM Network)