• KANAL BERITA

Australia Danai Pengembangan Permainan Anak-anak

Ratusan siswa SD mencoba permainan Sustainability Econesia. Permainan yang didanai Australia ini mengajarkan anak untuk mencintai kelestarian lingkungan. (suaramerdeka.com/MH Habib Shaleh)
Ratusan siswa SD mencoba permainan Sustainability Econesia. Permainan yang didanai Australia ini mengajarkan anak untuk mencintai kelestarian lingkungan. (suaramerdeka.com/MH Habib Shaleh)

MAGELANG, suaramerdeka.com - Dosen Fakultas Teknik UM Magelang Yun Arifatul Fatimah ST MT PhD dan Andi Widianto ST MKom berhasil mengembangkan permainan pembelajaran Sustainability Econesia. Permainan baru ini disebut merupakan pembelajaran sustainability (keberlanjutan) untuk anak-anak.

Yun mengungkapkan permainan pembelajaran sustainability Econesia ini dibuat dalam bentuk boardgame dan digital game, dan ditujukan khusus untuk siswa siswa Sekolah Dasar (SD). Permainan ini didesain dan dibangun berdasar hasil riset yang dilakukan secara komprehensif di Jawa Tengah.

Disebutkan pengembangan permainan ini didanai Pemerintah Australia melalui Australian Grant Scheme, yang diselenggarakan Alumni Australia Indonesia. Saat peluncuran, Econesia pertama kali dimainkan 220 siswa-siswi SD di Magelang, Jawa Tengah.

"Permainan ini asli produk anak bangsa yang kami kembangkan berdasarkan hasil riset saya. Proyek ini ini juga melibatkan institusi international yaitu Curtin University," kata Yun, seusai peluncuran di Kampus UM Magelang.

Launching dihadiri Profesor Michele Rosano dari Curtin University, Rektor UM Magelang Ir Eko Muh Widodo MT, Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Magelang dan Kota Magelang, civitas Akademika UMMagelang, guru-guru dan 223 siswa SD Mutual, SD Muhammadiyah Sirojudin, SDN Potrobangsan dan SD Ikhsanul Fikri.

Menurut Yun permainan ini bertujuan untuk mengenalkan, mengajarkan, dan membudayakan siswa siswa SD untuk melakukan aktivitas-aktivitas keseharian dengan mempertimbangkan dampak ekonomi, sosial dan lingkungan secara menyenangkan, menarik dan inovatif.

Permainan ini diharapkan akan mampu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan anak anak. Sehingga mampu mengubah budaya dan kebiasaan anak-anak Indonesia untuk melakukan aktivitas yang lebih ramah lingkungan, pemanfaatan sumber daya, energi secara lebih hemat, peningkatan kepedulian sosial, dan penguatan nilai nilai luhur.

"Permainan ini mengajarkan anak-anak kita untuk menjaga kekayaan alam, lingkungan, dan hormat pada orang tua. Econesia board game dibuat dari material kayu dan kertas dengan pewarna alami yang ramah lingkungan dan aman untuk anak," kata dia.

Untuk produksi, kata Yun, pihaknya memberdayakan kelompok usaha kecil menengah (UKM) di Magelang. Permainan ini diharapkan dapat menjadi role model pembelajaran sustainability (keberlanjutan) untuk anak-anak Indonesia ke depan.

 


(MH Habib Shaleh/CN40/SM Network)