• KANAL BERITA

TMMD Bertujuan Baur dan Bantu Atasi Kesulitan Warga Sasaran

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

BANJARNEGARA, suaramerdeka.com – Edukasi melalui kursi, inilah yang dilakukan Sertu Tutur, anggota Satgas TMMD Koramil 06 Kalibening Kodim 0704 Banjarnegara, yang memberikan keteladanan bagi Aziz (16), pelajar SMK Pandanarum, anak dari Iswadi petani padi RT 3 RW 3 Dusun Kroya Desa Pasegeran.

Iswadi, selain petani juga salah satu pemilik warung kelontong di desanya. Dia merasa sangat bangga dengan apa yang telah dilakukan prajurit tersebut. Mengedukasi putranya untuk tanggap terhadap kendala yang dialami warga di seputaran lingkungan tempat tinggal.

Tutur memang luar biasa, melihat ada fasilitas warga untuk mencari nafkah ada yang rusak, dirinya langsung mengintai merencanakan, mempersiapkan, dan terakhir mengerjakannya.

Inilah tujuan sebenarnya dari pembangunan melalui TMMD yang dicanangkan pemerintah dan pimpinan Angkatan Darat. Membaur dan membantu mengatasi kesulitan warga sasaran. Selama satu bulan mereka diwajibkan menempati rumah-rumah warga “orang tua asuh” dengan harapan terjadinya asimilasi antara warga dengan TNI. Segala aktivitas keseharian dilakukan bersama. Seperti makan, membersihkan lingkungan dan shalat pun dilaksanakan bersama.

Asimilasi yang diharapkan pimpinan TNI adalah pembauran dua kebudayaan untuk menghilangkan ciri khas kebudayaan asli, sehingga membentuk kebudayaan baru. Asimilasi meliputi usaha-usaha mempererat kesatuan tindakan, sikap dan perasaan dengan memperhatikan kepentingan serta tujuan bersama.

Lebih simpelnya adalah TMMD membangun mental karakter desa sasarannya untuk menggiatkan hal-hal yang bersifat positif dengan menghilangkan kebiasaan warga selama ini. Seperti BAB dan buang sampah sembarangan.


(Red/CN40/SM Network)