• KANAL BERITA

Pengamat: Sudah Saatnya Kemenkumham Bersih-bersih Lapas

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

SAMARINDA, suaramerdeka.com - Operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat menjadi momentum tepat bagi Kementerian Hukum dan HAM melakukan upaya bersih-bersih lapas.

Pengamat hukum Universitas Mulawarman Samarinda, Herdiansyah Hamzah mengatakan, OTT KPK di Lapas Sukamiskin adalah potret buruk manajemen pengelolaan lapas oleh Ditjen Pemasyarakatan.

Herdiansyah menyarankan jajaran Kementerian Hukum dan HAM agar lebih sering meninjau langsung ke Lapas seperti yang dahulu sempat ditradisikan oleh Wakil Menkumham RI era Presiden SBY, Denny Indrayana.

“Zaman SBY, Wamenkum HAM Denny Indrayana sering sidak. Itu yang tidak terjadi saat sekarang. Metode yang tepat adalah Kemenkum HAM sering-sering sidak,” kata Herdiansyah seperti dikutip RRI, Selasa (24/7).

Sebelumnya OTT KPK akhir pekan lalu menetapkan Kepala Lapas Sukamiskin, Wahid Husen sebagai tersangka penerima suap. Wahid diduga menerima suap terkait jual-beli fasilitas kamar serta izin di dalam Lapas Sukamiskin.


(RRI/CN41/SM Network)