• KANAL BERITA

Besar, Potensi Bisnis Perjalanan Umrah di Kota Solo

Perpuhi Gelar Pameran Ke-5

foto: suaramerdeka.com/Langgeng Widodo
foto: suaramerdeka.com/Langgeng Widodo

SOLO, suaramerdeka.com - Begitu besar potensi bisnis perjalanan umrah di Kota Solo. Tengok saja, biro perjalanan haji dan umrah Dewangga, kata pimpinan biro Her Suprabu, tahun ini memberangkatkan sekitar 1.200 jamaah ke tanah suci untuk umrah dan tahun depan sekitar 2.000 jamaah.

Sementara biro perjalanan haji dan umrah Hajar Aswad, menurut pimpinan biro Retno Retno Anugrah Andriyani, memberangkatkan sekitar 5.000 jamaah dan tahun depan 7.000 jamaah. Padahal di luar kedua biro itu, masih ada 20 biro anggota Persaudaraan Pengusaha Umrah Travel Haji Indonesia (Perpuhi) yang juga memberangkatkan banyak jamaah, baik melalui Jeddah atau Madinah.

"Potensinya sangat besar, apalagi dua maskapai yakni Garuda dan Lion Air yang membuka penerbangan ke Arab Saudi, baik-baik melalui Jeddah atau Madinah," kata ketua Perpuhi Her Suprabu, Senin (23/7), usai konferensi pers terkait rencana pameran PUTF (Perpuhi umrah travel fair) ke-5.

Untuk melayani peningkatan kebutuhan penerbangan para jamaah yang akan berumrah, maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan menambah jadwal penerbangan lagi ke Arab Saudi. Kalau sebelumnya hanya dua kali seminggu dari Solo ke Jeddah, kini ditambah dua kali lagi ke Madinah. Jadi seminggu empat kali, dua kali ke Jeddah dan dua kali ke Madinah.

Penambahan yang sama, yakni dari dua kali menjadi empat kali juga dilakukan Lion Air dengan rute yang sama. Solo-Jeddah dan Solo-Madinah, dengan kapasitas psnumpang 400 orang. "Pesawat yang digunakan Garuda untuk mengangkut jamaah umrah cukup besar dengan kapasitas 700 orang. Load factornya sekitar 98 persen," kata Budi Priantoro, seles manager garuda Indonesia Solo.

Sementara itu dalam pameran PUTF (Perpuhi umrah travel fair) yang digelar selama tiga hari 27-29 Juli di Goro Assalam, akan melibatkan 27 biro perjalanan dalam 30 stand. Menurut Her Suprabu, biro yang terlibat akan memberi beragam promo kepada pengunjung. Mulai merchandise menarik hingga kesempatan untuk mendapatkan beragam doorprize yang ada.

Ada pun harga paket umrah yang ditawarkan selama pameran itu, berkisar Rp 21-22 juta. "Pada pameran kali ini target transaksi kita melebihi sebelumnya, yaitu diatas Rp 18 Miliar," kata Her optimistis.

Menurut dia, antusias masyarakat Solo yang tertarik beribadah umrah terus meningkat setiap tahun. Hal itu dibuktikan dari data yang ada, dimana peningkatan jumlah jamaah yang melakukan umrah berada diangka 10-15 persen. "Selain promosi untuk membidik pasar baru, pameran Perpuhi juga untuk memberi edukasi bagi jamaah yang berminat umrah," tandasnya.


(Langgeng Widodo/CN40/SM Network)