• KANAL BERITA

Gris Beri Beasiswa Siswa SMK Swasta

Foto: Ketua Pembina Yayasan GRIS, Joko Setyo Winantoro memberikan beasiswa kepada siswa SMK Swasta berprestasi di Gedung Serba Guna Yayasan GRIS, Jl Brigjend Sudiarto 443, Semarang, Sabtu (21/7).  (suaramerdeka.com/Arie Widiarto)
Foto: Ketua Pembina Yayasan GRIS, Joko Setyo Winantoro memberikan beasiswa kepada siswa SMK Swasta berprestasi di Gedung Serba Guna Yayasan GRIS, Jl Brigjend Sudiarto 443, Semarang, Sabtu (21/7). (suaramerdeka.com/Arie Widiarto)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Yayasan Gedung Rakyat Indonesia Semarang (GRIS) menyerahkan beasiswa kepada 25 siswa SMK swasta berprestasi di gedung serba guna yayasan GRIS, Jl Brigjend Sudiarto 443, Semarang, Sabtu (21/7). Pemberian beasiswa dalam rangka memperingati HUT ke 68 yayasan GRIS itu diprioritaskan bagi keluarga kurang mampu.

''Beasiswa ini sudah ke 34 kali dan rutin digelar setiap tahun. Kami sengaja mencari siswa SMK Swasta karena mereka membutuhkan biaya lebih banyak, baik untuk praktik maupun biaya ujian,'' ungkap Ketua Pembina Yayasan GRIS, Joko Setyo Winantoro di sela-sela acara.

Penerima ini merupakan siswa yang berasal dari 12 SMK swasta di Semarang. Para siswa dipilih dari keluarga kurang mampu namun memiliki prestasi di sekolahnya.

''Dari perbincangan dengan anak-anak penerima beasiswa ini,rata-rata uang akan digunakan untuk biaya SPP dan praktikum,'' jelasnya.

Ia berharap pemberian beasiswa dengan total senilai Rp 20 juta ini dapat meningkatkan semangat belajar para siswa di tengah keterbatasan kondisi ekonomi. Sebab, siswa SMK swasta ini perlu mendapat perhatian sebab tidak mendapat subsidi dari pemerintah.

''Selama ini yang banyak mendapat perhatian adalah sekolah negeri, sementara sekolah swasta kurang mendapat porsi terutama dalam hal beasiswa,'' jelasnya.

Joko mengemukakan, tak sedikit uang beasiswa ini ditabung untuk menebus ijazah ketika akan lulus nanti.

''Ini yang membuat saya nggregel, maka kami berharap beasiswa ini meski nilainya tidak banyak dapat dimanfaatkan sebaikmungkin,'' ujarnya.

Sebelum pemberian beasiswa, panitia juga memotong tumpeng sebagai perayaan HUT. Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Pengawas Yayasan GRIS, Sujendro. 


(Arie Widiarto/CN42/SM Network)