• KANAL BERITA

Transmart Carrefour Targetkan Jual Hewan Kurban Hingga Rp 7,5 Miliar

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - PT. Trans Retail Indonesia (Transmart Carrefour) kembali menggelar Qurban Festive 2018. Kegiatan yang sudah menjadi agenda rutin tohunan ini memasuki tahun ke 6. Kali ini, Transmart menargetkan penjualan hewan kurban hingga Rp 7,5 miliar. 

"Tahun ini kami targetkan bisa sampai Rp 7,5 miliar," kata Vice President Corporate Communications Transmart Carrefour Satria Hamid di Jakarta, akhir pekan lalu. 

Tahun ini, harga hewan kurban yang dijual Transmart yakni Rp 1.975.000 untuk kambing dan Rp 13.500.000 untuk sapi. 

Untuk mensukseskan program ini, Transmart menggandeng tiga lembaga kemanusiaan yakni Aksi Cepat Tanggap (ACT), Dompet Dhuafa dan PKPU untuk menyediakan booth informasi mengenai Kurban dan sekaligus bisa melakukan pembelian hewan kurban di 105 gerai Carrefour dan Transmart Carrefour di seluruh Indonesia.

Program Kurban festive 2018 ini akan berlangsung mulai tanggal 20 Juli 2018 sampai dengan tanggal 22 Agustus 2018. 

"Program ini merupakan bentuk inovasi kami untuk selalu memberikan nilai tambah bagi masyarakat yang berbelanja di gerai-gerai Transmart Carrefour. Kami juga mempunyai program CSR tahunan pada peringatan Hari Raya Idul Adha yaitu program satu gerai Transmart Carrefour Berqurban 1 ekor Kambing dengan tagline “OSOG” (One Store One Goat) yang akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan dilingkungan sekitar gerai kami di seluruh Indonesia, " ungkapnya. 

Selain itu, Transmart Carrefour juga menyediakan layanan online untuk pembelian hewan kurban. 

"Kami bekerjasama dengab aplikator Happy Fresh jadi nanti pihak Happy Fresh yang akan memesankan hewan kurban," tambah Satria. 

PKPU Human Initiative memprioritaskan distribusi hewan kurban di wilayah Timur Indonesia, karena 70 % daerah Tertinggal Indonesia berada di wilayah tersebut. Ketimpangan pembangunan berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Tidak mengherankan jika angka kemiskinan di wilayah timur Indonesia sangat tinggi.

Oleh karena itu perlu ada pemerataan distribusi hewan kurban di wilayah timur Indonesia yang masyarakatnya miskin sehingga jarang melaksanakan pemotongan hewan kurban. 

PKPU juga memberdayakan peternak lokal dengan membeli hewan ternaknya untuk kurban. Dengan begitu, pemerataan ekonomi juga terjadi di daerah. Selain itu, harga jual hewan kurban pun lebih murah karena tidak ada ongkos distribusi dan pemeliharaan. 

"Jadi hewan kurban tidak kita potong di Jakarta kemudian dibagikan ke daerah. Hewan kurbannya kami beli dari peternak lokal," kata GM Resources Mobilization Dompet Dhuafa Urip Budiarto. 

PKPU Human Initiative juga melakukan distribusi hewan kurban ke wilayah luar negeri yang mengalami konflik kemanusiaan berkepanjangan diantaranya Somalia, Kenya, dan Rohingya. 

"Hari raya Kurban dijadikan sarana untuk memberikan kontribusi pangan ke wilayah konflik kemanusiaan sehingga bisa memberikan dampak pengurangan krisis pangan yang mengancam wilayah tersebut," tambahnya. 

Sementara  itu, Dompet Dhuafa dan Transmart Carrefour sengaja memberikan kemudahan masyarakat untuk berkurban melalui konter dan kasir di seluruh gerai Transmart Carrefour seluruh Indonesia. 

“Kerjasama ini hanya sebatas pada podo pembelian hewan kurban saja, sedangkan untuk penyaluron, pihak Transmart Carrefour sepenuhnya menyerahkan kepada Dompet Dhuafa," tambah Urip. 

Presiden Global Qurban Rini Maryani menambahkan tahun 2017 Global Qurban mampu berkolaborosi dengon 2.000 mitro gerai ritel. Global Qurban akfif melayani calon pekurban. 

Kolaborasi Global Qurban dengan Carrefour kini telah memasuki tahun keenom. Keberlangsungan kolaborasi tersebut menjadi bagian dari ikhtiar Global Qurban untuk memperluas ajakan berkurban yang mudah,  terjangkau, tepat sasaran, serta transparan.

Selama enam tahun bersinergi, sudah ribuan pekurban dori pelanggan Carrefour dan Transmart yang menjalankan ibadah kurbannya di Global Qurban.


(Kartika Runiasari/CN39/SM Network)