• KANAL BERITA

Ini Terobosan Risma untuk Kaum Wanita Surabaya

Foto: Metro
Foto: Metro

SURABAYA, suaramerdeka.com - Departemen Kimia, Fakultas Ilmu Alam, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar International Seminar on Chemistry (ISoC) 2018 di Ballroom Hotel Sheraton Surabaya untuk membahas pengembangan kimia ramah lingkungan (green chemistry) bersama peneliti dunia sebagai langkah strategis untuk mereduksi bahaya penggunaan bahan kimia.

Agenda ISoC pada hari kedua adalah The First Congress of OWSD (Organization for Women in Science for the Developing World) di mana ITS dipercaya menjadi tuan rumah pertama diselenggarakannya kongres ini.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini menjadi salah satu keynote speaker dalam acara yang dibanjiri oleh peserta dari berbagai negara seperti Indonesia, Nigeria, Jepang, Malaysia, Singapura, Inggris, Vietnam dan Brunei Darussalam. Dalam kesempatan ini Walikota menyampikan materi mengenai Women and Girls Empowerment.

Selama ini Risma memang sangat concern terhadap pemberdayaan wanita di Kota Pahlawan ini. Terbukti dengan penutupan red district (lokalisasi) yang tersebar di Surabaya, satu diantaranya adalah dolly, lokalisasi terbesar se Asia Tenggara.

"Kini tempat lokalisasi itu telah berubah drastis dan beralih fungsi menjadi sentra UKM. Saya berdayakan warga sekitar untuk memproduksi sepatu, makanan, dan yang paling terkenal adalah batik dolly," tutur Risma.

Tak hanya penutupan red district, pencapaian lain yang telah dilakukan oleh Risma adalah program Pahlawan Ekonomi yang memberdayakan ibu rumah tangga untuk menghasilkan sebuah produk khas olahan mereka. Melalui program ini, ibu-ibu rumah tangga di Surabaya juga bisa membantu kepala keluarga dalam menafkahi keluarganya tanpa merubah kodratnya sebagai perempuan.

Pemerintah Kota Surabaya juga membantu ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam Pahlawan Ekonomi dalam segala aspek, mulai dari branding, packaging, hingga managing product.

"InsyaAllah sebentar lagi saya akan buka Sentra UKM hasil olahan product ibu-ibu Pahlawan Ekonomi di Liverpool. Saya dan Walikota Liverpool akan bekerjasama memajukan produk-produk olahan ibu-ibu Surabaya," pungkas Risma.


(Humas Pemkot Surabaya/CN41/SM Network)