• KANAL BERITA

Angkutan Pasir Dilangsir Gunakan Sepeda Motor

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

BANJARNEGARA, suaramerdeka.com – Keinginan kuat Sungkono (43) petani Dusun Kroya RT/RW 3 Desa Pasegeran, untuk segera menikmati hasil karya TNI dan warga yang sedang merampungkan betonisasi jalan desanya sepanjang 1 kilometer lebih, membuat dirinya rela untuk melangsir pasir. Angkutan pasir itu dilangsir dari sungai menuju kerumunan pekerja yang sedang mengecor jalan menggunakan sepeda motor miliknya tanpa imbalan.

Letak geografis lokasi pengerasan jalan yang terjal dan ekstrim pegunungan, membuat kendaraan roda empat cukup kewalahan dalam mendorong material ke lokasi.  Secara manual mengandalkan otot juga kurang efektif. Sehingga sepeda motor sebagai pilihannya.

Perjuangan Sungkono saat luar biasa dan mendapat apresiasi dari warga lainnya mau pun Satgas TMMD. Ia tidak memikirkan BBM mau pun kerusakan motornya. Namun hanya ingin memastikan ketersediaan pasir cukup bagi perkerjaan dalam sehari.

“Sebelum dicor, jika hujan jalan becek, berlumpur, dan licin, belum lagi tanjakannya mak nyos. Kini berkat TNI bangun jalan cari kayu bakar nanti lancar,” ucap Sungkono, mengenang jalan lama.

Sementara progres rabat beton di hari Ke-9 ini, sudah mencapai 75 persen selesai. Ratusan orang termasuk tentara terlibat dalam melanjutkan cor jalan mumpung cuaca bersahabat.


(Red/CN40/SM Network)