• KANAL BERITA

Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba Telah Merebak ke Remaja

Pemilihan Duta Pelajar Anti Narkoba

Staf Ahli Bupati Kebumen Bidang Kemasyarakatan dan SDM RAI Ageng Sulistyo Handoko SIP didampingi Kepala Kesbangpol Nurtaqwa Setyabudi SH menyerahkan trofi kepada juara Pemilihan Duta Pelajar Anti Narkoba di Hotel Candisari Kebumen, Kamis (19/7). (suaramerdeka.com/Supriyanto)
Staf Ahli Bupati Kebumen Bidang Kemasyarakatan dan SDM RAI Ageng Sulistyo Handoko SIP didampingi Kepala Kesbangpol Nurtaqwa Setyabudi SH menyerahkan trofi kepada juara Pemilihan Duta Pelajar Anti Narkoba di Hotel Candisari Kebumen, Kamis (19/7). (suaramerdeka.com/Supriyanto)

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Ferdiansyah, siswa kelas 12 SMKN 2 Kebumen bersama Citra Astuti siswa kelas 11 SMAN 2 Kebumen berhasil terpilih sebagai juara I Pemilihan Duta Pelajar Anti Narkoba yang diselenggarakan oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kebangpol) Kebumen. Ferdiansyah, pelajar asal Desa Karangtengah, Kecamatan Poncowarno dan Citra dari Desa Krakal, Kecamatan Alian itu menjadi yang terbaik dalam grand final yang berlangsung di Hotel Candisari, Kebumen, Kamis (19/7).

Pada grand final terpilih 10 finalis putra-putri dari 41 peserta yang mengikuti tes tertulis dan wawancara. Mereka mengikuti serangkaian penilaian oleh dewa juri penampilan, juri komentar dan juri kehormatan. Sebelum mengikuti grand final, para finalis dikarantina untuk mengikuti pembekalan terkait Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Pembekalan dari BNN Provinsi Jateng, Polres Kebumen dan Dinas Kesehatan Kebumen.

Dalam ajang tersebut, juara II putra diraih oleh Juan Danu Akbar siswa SMAN 1 Gombong dan juara III Dodyawan asal SMK Negeri 1 Puring. Juara putri diraih Fika Fera S siswa SMA 1 Kebumen dan juara III diraih Zulaikhati Rahma dari SMAN 2 Kebumen. Masing-masing juara mendapatkan trofi dan uang pembinaan.

Kepala Kesbangpol Kebumen, Nurtaqwa Setyabudi SH menjelaskan, kegiatan itu dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pelajar terhadap bahaya narkoba. Kemudian menciptakan pelajar yang dapat menjadi pioner di dalam pemberantasan, pencegahan, dan penyalahgunaan narkoba.

"Melalui kegiatan ini diharapkan, dapat melindungi pelajar dari bahya narkoba, karena penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba sudah merebak ke berbagai lapisan masyarakat termasuk remaja dan pelajar," ujar Nurtaqwa Setyabudi.

Sebagai Syiar

Pelaksana Bupati (Plt) Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz dalam sambutan yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati Kebumen Bidang Kemasyarakatan dan SDM RAI Ageng Sulistyo Handoko SIP mendukung kegiatan itu. Dia menilai kegiatan tersebut sebagai syiar kepada  masyarakat tentang pentingnya mengantisipasi kemungkinan terjadinya  penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Kebumen.

"Meski Kebumen belum termasuk kategori daerah yang rawan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, kita perlu melakukan antisipasi dini sebagai upaya pencegahan terhadap pengaruh bahaya narkoba di Kebumen," ujarnya.

Kepala Seksi Ideologi dan Kewaspadaan Pratikno SSos menambahkan, Pemilihan Duta Pelajar Anti Narkoba tersebut merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI). Kegiatan lain yang akan digelar adalah apel akbar dilanjutkan jalan sehat di Alun-alun Kebumen, Minggu (29/7) mendatang. Rencananya apel akbar yang akan diikuti 1.000 pelajar SMA/MA/SMK di Kebumen dan menggandeng TNI dan Polri itu diwarnai dengan
pemusnahan barang bukti.

"Tujuan peringatakan HANI tahun ini adalah untuk meningkatkan masyarakat agar menyatukan tekad dan memperkuat aksi serta kerja sama demi mewujudkan tatanan
kehidupan yang terbebas dari narkoba," ujarnya.


(Supriyanto/CN40/SM Network)