• KANAL BERITA

Musim Haji, Pedagang Seng Menjamur

GELAR LAPAK : Warga sekitar Asrama Haji Donohudan dan pedagang musiman membuka lapak saat musim haji datang baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Budi Sarmun)
GELAR LAPAK : Warga sekitar Asrama Haji Donohudan dan pedagang musiman membuka lapak saat musim haji datang baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Budi Sarmun)

BOYOLALI, suaramerdeka.com - Seiring dengan kedatangan musim haji, para pedagang musiman mulai menggelar lapak di luar kompleks Asrama Haji Donohudan, Boyolali untuk mengais rezeki. Warga setempat memiliki kesempatan menyewakan lahan parkir, teras rumah, dan toilet untuk jasa buang air kecil.

Menurut warga salah satu pedagang Sodiq, kehadiran calhaj dan pengantar amat dinanti-nanti. "Satu orang atau dua orang calhaj asal pantura biasanya membawa rombongan pengantar yang banyak datang dengan carter bus dan mobil. Mereka (pengantar) ini pelanggan setia PKL sini," terangnya.

Danarto (46), warga Brogo, Donohudan, Ngemplak, menimpali pasar seng, julukan pasar tiban di Donohudan ini juga menjadi ladang bagi pemilik usaha sepur kelinci dan permainan anak-anak. Sambil menunggu calhaj menyelesiakan pemeriksaan, para pengantar menyempatkan diri naik kereta kelinci putar-putar di sekitar asrama haji.

Sementara Achmad Su'aidi, mantan pegawai Kemenag Jateng sekaligus mantan Panita Penyelenggaraan Ibadah Haji Embarkasi Solo mengakui, calhaj dan pengantar dari pantura menjadi primadona warga.

"Warga hafal karakter pengantar haji dari pantura. Ya mereka menyediakan kebutuhan pengantar karena pasti laris dibeli atau jasanya dipakai," katanya.


(Budi Sarmun/CN39/SM Network)