• KANAL BERITA

Cor Lubang Jamban, Stop BAB Sembarangan

Foto: suaramerdeka.com/dok
Foto: suaramerdeka.com/dok

BANJARNEGARA, suaramerdeka.com - Kebiasaan warga sering buang hajat di sungai maupun kebun, masih terjadi di Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum.

Perilaku tersebut telah berlangsung lama dan sampai sekarang masih bisa ditemui di desa ini. Terbukti program TMMD membangun 32 rumah yang belum mempunyai jamban sebagai sanitasi keluarga.

Dari segi kesehatan jelas akan berdampak buruk bagi lingkungan maupun orang lain, sedangkan dari segi sosial, perilaku demikian tidak dibenarkan karena akan ditiru masyarakat lainnya.

Terlihat Satgas TMMD yang salah satunya adalah, Serda Zunianto dari Kormail 18 Pagentan Kodim 0704 Banjarnegara, sedang mengecor lubang septictank dibantu warga lainnya milik Risman (51) petani warga Rt. 01 Rw. 03 Dusun Kroya Desa Pasegeran, Selasa (17/7).

Selain persoalan perilaku yang sudah berlangsung turun-temurun itu, faktor ekonomi juga membuat banyak warga yang belum memiliki jamban sehat.

TMMD Reguler 102 Kodim Banjarnegara menjawab dengan program fisiknya berupa pembangunan jamban kepada 32 rumah warga di desa tersebut, dengan memilih berdasarkan skala prioritas.


(Red/CN39/SM Network)