• KANAL BERITA

Kapolres Magelang Ajak Masyarakat Bangun Sinergi

Program Nobar Kebangsaan Nasional untuk membangun kebersamaan dan semangat guyub rukun dihadiri Bupati Magelang Zaenal Arifin, Dandim 0705 Magelang Letkol Arm Kukuh Dwi Antono, Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo, MUI, dan jajaran SKPD. (suaramerdeka.com/MH Habib Shaleh)
Program Nobar Kebangsaan Nasional untuk membangun kebersamaan dan semangat guyub rukun dihadiri Bupati Magelang Zaenal Arifin, Dandim 0705 Magelang Letkol Arm Kukuh Dwi Antono, Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo, MUI, dan jajaran SKPD. (suaramerdeka.com/MH Habib Shaleh)

MAGELANG, suaramerdeka.com - Kapolres Magelang, AKBP Hari Purnomo, meminta seluruh warga Kabupaten Magelang menjaga dan membangun kerukunan serta sinergitas antara pemerintah dan masyarakat. Salah satunya bisa dilakukan lewat nonton bareng gelaran Piala Dunia di halaman RM Sandi, Salam.

Menurut kapolres, pertandingan sepak bola bisa dijadikan ajang silaturahmi antarmasyarakat dan pemerintah. "Semangat sepak bola mampu memotivasi kita bersama untuk terus menjaga kondusivitas lingkungan," kata Hari.

Nobar ini sekaligus dijadikan sebagai acara halal bihalal Ansor dan Banser Salam, Ngluwar, Dukun, Srumbung, dan Muntilan. Hadir Bupati Magelang Zaenal Arifin, Dandim 0705 Magelang Letkol Arm Kukuh Dwi Antono dan jajaran SKPD se-Kabupaten Magelang.

Selain itu juga MUI lima kecamatan dan Romo Paroki Salam, Muntilan dan Dukun serta Forum Pembauran Kebangsaan dan FKUB dan ratusan warga Kabupaten Magelang. Pertandingan Final Piala Dunia 2018 di Rusia ini sendiri dimenangkan Prancis dengan skor 4-2 atas Kroasia.

Acara semakin meriah dengan pentas musik Komunitas Musik Magelang (KMM), kesenian dayakan, organ tunggal dan jamaah vespaiyyah. Dalam kesempatan ini juga dibagikan puluhan bola, penghargaan untuk komunitas, masyarakat, pemerintah dan kelompok kesenian yang mensukseskan program Nobar Kebangsaan Nasional.

Ketua Panitia Nobar Kebangsaan Nasional, Chabibullah mengatakan, acara ini bertujuan untuk membangun suasana kondusif paska-Pilkada Serentak 27 Juni lalu. Dikatakan bahwa kegiatan ini resmi dan mendapat izin Nobar non komersial.

"Modal kami adalah parabola dan receiver yang dibantu panitia pusat. Sedangkan pembiayaan sifatnya gotong royong baik dari pemerintah, pihak swasta dan masyarakat," kata Chabibullah.

Ia mengapresiasi dukungan semua pihak yang ikut mensukseskan nobar dari awal sampai penutupan. Dikatakan bahwa acara ini sekaligus menjadi momentum peringatan Hari Bhayangkara.

"Kami mengangkat tema 'Anti Rasisme, Menangkal Hoax dan Menangkal Radikalisme'. Dikatakan bahwa tema ini sangat sesuai dengan agenda pemerintah Indonesia dari pusat sampai ke bawah. Kami ingi menciptakan masyarakat guyub rukun bersatu," kata dia.

Sementara itu, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP menyatakan, dukungannya karena acara seperti ini bisa menjadi media silaturahim lintas komunitas. Ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga kondusifitas Kabupaten Magelang paska-Pilkada.

Semangat guyub rukun ini juga disuarakan lewat lagu-lagu Komunitas Musik Magelang (KMM). "Kami membuka partisipasi seluas-luasnya dalam pembangunan masyarakat Kabupaten Magelang agar bisa guyup, rukun dan bersatu membangun Magelang," kata dia.


(MH Habib Shaleh/CN40/SM Network)