• KANAL BERITA

Sinergitas TNI-Polri Terbangun di TMMD Reguler ke-102

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

BANJARNEGARA, suaramerdeka.com – Selain membangun infrastruktur umum, tujuan lain TMMD adalah membangun juga karakter masyarakat mau pun elemen-elemen lainnya yang ada di wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Pembangunan karakter ini juga terwujud dalam pelaksanaan TMMD Reguler Ke-102 Kodim 0704 Banjarnegara, di Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum. Selain berbagai sasaran fisik yang tengah dikerjakan, sinergitas antara TNI-Polri, pemerintah daerah dan warga juga terbangun dalam program TNI ini. Hal ini dibuktikan anggota Polsek Kalibening, yang turut bekerja membantu Satgas TMMD dan warga saat pengecoran jalan desa.

Aiptu Rusno dan Bripka Ismanto, terlibat pengerjaan fisik dalam betonisasi jalan TMMD di Desa Pasegeran sepanjang 1,1 kilometer. Mereka berdua tambak berjajar guna melangsir adonan semen secara estafet bersama warga dan TNI. Mereka berdua menambah jumlah keterlibatan Polri yang tergabung dalam Satgas TMMD Reguler, guna mempercepat pekerjaan fisik, seperti yang telah diinstruksikan Kapolres Banjarnegra, AKBP Nona Pricillia Ohei.

Dikatakan Aiptu Rusno, bahwa Program TMMD selain membangun fisik juga mengedukasi masyarakat terutama generasi mudanya untuk lebih cinta tanah air dan bangsa. "Kegiatan TMMD sangat positif sehingga perlu kita didukung bersama,” ungkapnya.

Menurutnya juga, program ini merupakan senjata yang paling ampuh dalam pendekatan ke masyarakat, karena dengan kerja bhakti bersama tentu menyentuh langsung ke hati masyarakat. Selain wahana penanaman bela negara lapangan dalam mencegah dan membendung paham radikalisme mau pun terorisme.

Program TMMD yang melibatkan berbagai instansi dan komponen masyarakat, juga sebagai perbantuan kepada Pemerintah Daerah Banjarnegara dalam mengakselerasi serta memeratakan pembangunan masyarakat di wilayahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pasegeran, Aris Winarno, sangat mengapresiasi terhadap upaya yang dilakukan oleh Polres Banjarnegara melalui Polsek Kalibening, untuk menggugah masyarakat sehingga lebih bersemangat bergotong-royong dalam membangun desanya. "Semoga kebersamaan meraka dengan warga kami dapat mengeratkan dan meningkatkan soliditas antara TNI, Polri dan masyarakat,” pungkasnya.

Sasaran fisik TMMD dalam memupuk kebersamaan antara lain, pengecoran jalan desa sepanjang 1.170 meter lebar 3 meter, pembangunan Talut dengan total panjang 100 meter, Bronjongisasi di beberapa titik untuk menahan tebing dengan total panjang 56 meter, pembuatan drainase jalan sepanjang 100 meter, 32 Unit Jambanisasi, rehab 10 Unit RTLH serta pembangunan satu Unit Poskamling.


(Red/CN40/SM Network)