• KANAL BERITA

Harga Telur Ayam Melonjak, Mendag Panggil Para Pelaku Usaha

Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com -  Terkait lonjakan harga telur ayam di pasaran, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita akan memanggil semua pemangku kepentingan.

“Secara rinci, hari Senin (16/7) akan saya sampaikan mengenai harga telur ini, setelah Saya undang seluruh pemangku kepentingan mulai dari peternak mandiri, player-nya, dan integrator, penjual pakan, mulai dari pengusaha besar hingga kecil untuk kita bahas dan evaluasi, kenapa lonjakan harga telur terjadi,”  ungkap Enggar di Jakarta, Sabtu (14/7/), seperti dilansir RRI.

Pemerintah, lanjut Enggar, ingin memberikan informasi yang akurat pada masyarakat berdasarkan keterangan dari pelaku usaha.

“Jadi informasinya bukan hanya katanya pemerintah,” tuturnya.

Ia mengatakan, menguatnya mata uang dollar, ikut memberikan pengaruh pada kondisi peternakan ayam, karena pakan ternak masih ada yang impor.

“Tapi kita juga ingin tahu, apakah lonjakan harga telur ayam ini, semata-mata hanya karena masalah nilai tukar atau ada penyebab lain, kita akan cari tahu besok hari Senin,” pungkas Mendag.

Diketahui, mahalnya Harga daging ayam dan telur ayam, sudah terasa sejak menjelang hari Raya Idul Fitri kemarin.

Sedangkan setelah lebaran, harga telur ayam justru terus meroket, ditengarai karena pasokannya yang berkurang.  Harga telur ayam yang biasanya di kisaran Rp 23.000/kg, di sejumlah daerah harganya sudah menembus Rp 28.000-Rp 30.000/kg.


(RRI/CN42/SM Network)