• KANAL BERITA

Pindad-FNSS Sudah Sepakati Areal Pemasaran Tank Medium

Foto: suaramerdeka.com/Setiady Dwi
Foto: suaramerdeka.com/Setiady Dwi

BANDUNG, suaramerdeka.com - PT Pindad dan FNSS Turki sudah menyepakati kawasan pemasaran menyusul akan dilakukannya produksi massal tank medium hasil kerjasama keduanya mulai 2019.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Teknologi dan Pengembangan Pindad, Ade Bagja di sela-sela Seminar Uji Ledak Ranjau Tank Medium di Bandung, Jumat (13/7).

"Untuk kebutuhan Turki dan Indonesia, tak ada batasan berapa pun produksinya. Hanya saja, untuk di luar itu, kita sudah sepakati untuk membatasi wilayah mana yang jadi fokus pemasaran," katanya.

Dalam kesepakatan tersebut, BUMN strategis itu kebagian menggarap wilayah sebagian besar kawasan Asia plus Pasifik. Untuk FNSS, mereka mendapat porsi sebagian kecil plus Afrika.

Untuk detailnya, keduanya masih harus melakukan pembahasan kembali sembari merampungkan proses pembuatan alutsista tank kelas menengah dengan kaliber 105 mm itu. 

"Produk ini milik siapa sesungguhnya, ini milik bersama antara Pindad dan FNSS, beda lagi kalau kemudian Pindad memproduksi secara mandiri," katanya.

Ade pun mengingatkan bahwa pemilihan perseroan dalam pembuatan tank medium bukannya tanpa alasan. Mereka ingin menjadikannya sebagai batu loncatan guna semakin menguasai teknologi kendaraan tempur.

Dengan pengalaman itu, katanya, mereka akan melakukan pengembangan akan produk-produk alutsista yang dapat menjawab kebutuhan zaman. "Pindad makin siap membuat apa pun produk alutsista yang dipesan," tandasnya.


(Setiady Dwi/CN41/SM Network)