• KANAL BERITA

Jawa Tengah Jajaki Pengembangan Pasar Ekspor Ke Timur Tengah dan Afrika

Foto: suaramerdeka.com/dok
Foto: suaramerdeka.com/dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Upaya untuk meningkatkan ekspor Jawa Tengah terus dilakukan, salah satunya menjajaki pengembangan pasar ke Timur Tengah dan Afrika. 

Selama ini ekspor Jawa Tengah didominasi ke Amerika Serikat dan Tiongkok sehingga pengembangan pasar diluar negara tersebut  harus dilakukan guna meningkatkan daya saing.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Provinsi Jawa Tengah Arif Sambodo mengatakan potensi pasar di Timur Tengah dan Afrika cukup bagus walaupun masih jauh dibawah Amerika Serikat dan Tiongkok.

"Makanan dan minuman sudah mulai masuk, selain itu kerajinan kriya dari logam banyak diminati di negara-negara Timur Tengah seperti Arab," katanya.  

Untuk menuju peningkatan pengembangan pasar ekspor Jawa Tengah, Dinperindag Jawa Tengah terus berupaya melakukan pelatihan kepada eksportir dalam membuka peluang pasar serta mengenalkan produk-produk Jawa Tengah ke negara-negara sasaran pengembangan pasar.

Total ekspor dari Jawa Tengah ke Timur Tengah di tahun 2017 mencapai  172,76 juta Dolar Amerika, ekspor tersebut menurun jika dibandingkan tahun 2016 yang mencapai 192,24 juta Dolar Amerika. Sedangkan ekspor ke Afrika sebesar 421 juta Dolar Amerika.

"Namun secara total ekspor Jawa Tengah naik terus dan ini menjadi sasaran mengembangkan pasar," ucapnya.


(Cun Cahya/CN41/SM Network)