• KANAL BERITA

Karyawan Perlu Manfaatkan Waktu dan Kelola Gizi yang Baik

Puluhan Perusahaan Ikuti Edukasi Kesehatan Kerja

Dokter spesialis kesehatan kerja dari PT Prodia Occupational Health Institute, dokter Liem Jen Fuk SpOK MKK memaparkan materi dalam seminar yang diadakan Laboraturium Klinik Prodia Semarang di Hotel Grandhika Semarang, Kamis (12/7). (suaramerdeka.com/M Alfi Makhsun)
Dokter spesialis kesehatan kerja dari PT Prodia Occupational Health Institute, dokter Liem Jen Fuk SpOK MKK memaparkan materi dalam seminar yang diadakan Laboraturium Klinik Prodia Semarang di Hotel Grandhika Semarang, Kamis (12/7). (suaramerdeka.com/M Alfi Makhsun)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sebanyak 50 perusahaan di Kota Semarang mengikuti acara edukasi kesehatan kerja yang diadakan Laboraturium Klinik Prodia di Hotel Grandhika Semarang, Kamis (12/7). Branch Manager Prodia Semarang, Chyntia Resti Wijaya mengatakan, kegiatan ini merupakan acara rutin tahunan yang diadakan Prodia. Selain urusan bisnis dengan mitra perusahaan, pihaknya juga berkomitmen pada kesehatan dan menyehatkan masyarakat awam melalui edukasi kesehatan.

''Tahun ini kami mengusung tema work life balance dalam acara ini yang ditujukan kepada perusahaan untuk kesehatan kerja karyawan. Kami berharap kepada peserta yang datang mendapat informasi yang bermanfaat dan membantu karyawan menciptakan lingkungan kerja yang seimbang,'' kata Chyntia, di sela-sela kegiatan.

Diterangkan juga bahwa karyawan merupakan aset yang paling berharga di perusahaan dan digunakan sebagai tolok ukur keberhasilan perusahaan. Produktivitas karyawan juga dinilai sangat mendukung dalam peningkatan citra dan daya saing perusahaan.

''Harapannya ketika karyawan mampu memanfaatkan waktu dan mengelola gizi secara baik dan seimbang, otomatis kualitas hidup baik dan berujung pada produktivitas perusahaan,'' lanjut Chyntia.

Dalam edukasi kesehatan kerja ini, Prodia mendatangkan dua pakar sebagai narasumber acara. Yakni dokter spesialis kesehatan kerja dari PT Prodia Occupational Health Institute, dokter Liem Jen Fuk SpOK MKK dan Ahli Gizi dari RS St Elisabeth, Florentinus Nurtitus SSi TRD.

Dokter Liem dalam paparannya mengatakan, dalam dunia kerja saat ini semakin lama, semakin sulit seseorang sulit dalam menjaga keseimbangan antara kehidupan kerja dengan pribadi. Sehingga pekerja akan rentan mengalami gangguan kesehatan karena kurang perhatian yang diberikan untuk diri sendiri.

''Sebenarnya gangguan kesehatan itu bida dicegah dan dikendalikan apabila kita punya waktu yang berkualitas untuk diri sendiri. Yakni berupa keseimbangan waktu kerja dengan hidup kita. Selain waktu rekreasi, dan kegiatan fisik, juga dibutuhkan nutrisi yang harus dikelola secara baik,'' kata dokter Liem.

Peningkatan kualitas kerja dan kualitas hidup dengan memperhatikan nutrisi, selain waktu yang berkualitas untuk diri sendiri dan keluarga dijelaskan lebih lanjut oleh Nurtitus. Ahli gizi yang kerap menjadi narasumber di radio-radio lokal ini mengatakan, pilihan nutrisi yang tepat akan menjaga vitalitas tubuh dan mengontrol kondisi tubuh dari gangguan kesehatan.

''Penting menjaga kesehatan secara preventive dari segi nutrisi. Selain dari pekerja sendiri, perusahaan juga harus peduli terkait hal ini,'' tandas Nurtitus.


(M Alfi Makhsun/CN40/SM Network)