• KANAL BERITA

Rail Clinic Generasi ke-4 Sambangi 300 Warga Patukan

Lakukan Pengobatan Gratis

RAIL CLINIC: Dua petugas kesehatan melayani permintaan obat warga di dalam gerbong Rail Clinic yang tengah melakukan kegiatan sosial di Stasiun Patukan, Gamping, Sleman, Kamis (12/7). (Foto suaramerdeka.com/Gading Persada)
RAIL CLINIC: Dua petugas kesehatan melayani permintaan obat warga di dalam gerbong Rail Clinic yang tengah melakukan kegiatan sosial di Stasiun Patukan, Gamping, Sleman, Kamis (12/7). (Foto suaramerdeka.com/Gading Persada)

SLEMAN, suaramerdeka.com - Kereta kesehatan milik PT KAI (Persero) Rail Clinic kembali menyambangi warga untuk melakukan pengobatan gratis. Kemarin, kesempatan berharga dialami ratusan warga di sekitar Stasiun Patukan, Gamping, Sleman yang mendapatkan pengobatan gratis dari Rail Clinic. Tak tanggung-tanggung, Rail Clinic yang menyambangi warga adalah generasi keempat yang dimiliki operator kereta api plat merah itu.

"Berbeda dengan generasi sebelumnya, Rail Clinic generasi 4 ini terdapat dua gerbong layanan kesehatan dan dua gerbong lainnya sebagai perpustakaan yang dinamakan Rail Library," sebut Manager Humas PT KAI Daop 6 Jogja, Eko Budiyanto disela-sela kegiatan di Stasiun Patukan, Kamis (12/7).

Eko mengungkapkan untuk layanan kesehatan yang disediakan di dalam Rail Clinic ini adalah pelayanan kesehatan tingkat pertama meliputi pemeriksaan umum, gigi, cek kehamilan, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan kefarmasian. Sedangkan di dalam Rail Library, terdapat perpustakaan manual dengan beragam buku bacaan anak sampai dewasa. 

"Selain itu, tersedia pula fasilitas e-library yang dilengkapi enam buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, serta lagu anak-anak," ungkap dia. 

Sampai saat ini, PT KAI sendiri sudah memiliki empat kereta kesehatan atau Rail Clinic. Keempatnya beroperasi di wilayah Sumatera dan Jawa. 

"Tiga kereta kesehatan sebelumnya sudah disebar ke Medan, Palembang, dan Tanjung Karang," tuturnya.

Rail Clinic, lanjut Eko, merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) serta bukti nyata BUMN Hadir Untuk Negeri. 

Sebagai tindak lanjutnya, Daop 6 pun menyelenggarakan Bakti Sosial berupa pengobatan gratis pada masyarakat. Pembuatan Rail Clinic ini pun dilatarbelakangi semangat PT KAI untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat khususnya di bidang kesehatan dengan memanfaatkan jalur KA. Sehingga dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan darat lainnya. Untuk mendapatkan layanan

kesehatan di Rail Clinic ini, masyarakat hanya diminta untuk menunjukkan kartu undangan yang sebelumnya sudah diberikan terlebih dahulu. 

"Ada yang berbeda pada bakti sosial pengobatan gratis kali ini, karena seluruh proses tindakan dilakukan di atas kereta api kesehatan. Sebelumnya kami melakukan kegiatan serupa di Stasiun Jenar, Purworejo awal pekan ini (10/7)," papar dia.

Pada kegiatan pelayanan kesehatan kali ini, PT KAI Daop 6 bekerjasama dengan Muspika setempat dalam penyampaian undangan pelayanan kesehatan dengan jumlah 300 undangan. Selain itu, juga dilaksanakan donor darah bekerja sama dengan PMI Yogyakarta serta penyuluhan mengenai kesehatan dari Puskesmas Gamping 1. 

"Kepada masyarakat yang tinggal berdekatan dengan stasiun atau rel kereta api, kami harapkan untuk ikut menjaga keamanan perjalanan kereta api dan aset-aset yang menjadi milik PT KAI," tandas Eko.


(Gading Persada /CN19/SM Network)