• KANAL BERITA

TMMD Reguler 102, Sopari Miliki Jamban Sehat

Foto: suaramerdeka.com/dok
Foto: suaramerdeka.com/dok

MAGELANG, suaramerdeka.com - TMMD Reguler ke-102 tahun 2018 Kodim 0705/Magelang kini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh warga Desa Gandusari, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang.

Saat ditemui di Balai Desa Gandusari, Kepala Desa, Slamet Nurhadi (60), menjelaskan, sasaran fisik  berupa betonisasi jalan merupakan prioritas, nantinya seluruh warga desa Gandusari  akan merasakan dampaknya. Nanti ketika jalan tersebut sudah selesai diperkeras, maka jalur transportasi akan semakin lancar.

Selain pengerasan jalan, juga dilaksanakan pembuatan jamban gratis bagi keluarga kurang mampu  Desa Gandusari.  Pembuatan jamban gratis ini bertujuan untuk memberikan contoh pada masyarakat agar mulai membiasakan hidup sehat. Dengan buang hajat di jamban yang memenuhi standar kesehatan, berarti sudah membiasakan hidup dan bermasyarakat secara sehat.

"Dengan pola hidup yang lebih sehat karena BAB tidak di sembarang tempat,  maka penyebaran penyakit, seperti diare atau penyakit lainnya tidak mudah menjalar," ungkap Babinsa Gandusari, Pelda Dwi Jantono.

Sopari (48) warga RT 03/RW 02 Dusun Campursari Desa Gandusari salah satu warga yang mendapatkan program jambanisasi, ketika ditemui di rumahnya menyatakan sangat senang sekali dengan telah dibuatkan jamban oleh TNI Kodim 0705/ Magelang bersama warga. Sopari sehari-harinya bekerja sebagai pedagang cilok dengan penghasilan yang tak tentu.

 


(Red/CN41/SM Network)